Notification

×

Iklan

Iklan

Momen Harjad ke-71 Tahun Pj Bupati HSU Perkenalkan Kain Tenun Sarigading Pada Undangan

Thursday, May 11, 2023 | 11 May WIB Last Updated 2023-05-11T10:12:48Z

 

Pj Bupati HSU Raden Suria dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Pejabat mewakili Gubernur Kalsel (kanan) 


AMUNTAI -IPN- Momen Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ke 71 menjadi hari yang spesial bagi masyarakat kota bertaqwa. Pasalnya, Penjabat (Pj) Bupati HSU, R. Suria Fadliansyah secara resmi memperkenalkan kain "Tenun Sarigading" pada acara puncak HUT kabupaten di halaman Kantor Bupati HSU, Kamis (11/5/2023).


Dalam sambutannya, R. Suria mengatakan, kain Tenun Sarigading merupakan kain buatan asli daerah setempat dan penting untuk dilestarikan, karena satu-satunya hanya bisa ditemukan di Hulu Sungai Utara.


Kain Tenun Sarigading merupakan hasil karya dari para perajin lokal dengan dibuat memadukan corak dan warna yang khas dengan nilai-nilai daerah setempat tersebut, kini keberadaannya semakin sulit ditemukan.


Adapun proses pembuatan kain Tenun Sarigading dilakukan secara manual, menggunakan teknik teknik tenun tradisional yang telah digunakan secara turun-menurun.







R. Suria berharap dengan memperkenalkan kembali kain Tenun Sarigading ini bisa menjadi salah satu icon daerah yang dapat memperkuat identitas Kabupaten HSU.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi sumber pendapatan perekonomian kita," harap R. Suria.


Kita ketahui bersama di tengah gerusan zaman, selama ini para pengrajin kain tenun tradisional khas Kalimantan Selatan kian langka, khususnya pengrajin tenun Sari Gading di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang hanya ada di Kecamatan Sungai Tabukan.


Saat ini kain tenun Sari Gading hanya digunakan sebatas pengobatan untuk orang yang mempercainya, seperti sakit kepala, sakit pinggang, gatal-gatal, dan sebagainya. 


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update