Notification

×

Iklan

Iklan

Plt Bupati Kab.HSU Pimpin Rakor Bersama Terkait Rekayasa Lalin Angkutan Berat, Lalui Jalan HSU

Monday, September 05, 2022 | 05 September WIB Last Updated 2022-09-06T02:15:54Z


Kegiatan rakor di Gedung Arsip Pemkab HSU 


AMUNTAI -IPN- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akhirnya memberikan respon terhadap adanya rekayasa arus lalu lintas angkutan berat yang dialihkan ke jalan nasional di Kabupaten HSU, dampak kerusakan jembatan Paringin di Kabupaten Balangan. 

Hal tersebut ditandai dengan digelarnya Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh unsur pimpinan daerah, TNI-Polri, anggota DPRD setempat, para camat, mahasiswa, LSM serta ketua Persatuan Kades se-HSU di ruang rapat gedung arsip lantai II Setda HSU. Senin (5/9/2022). 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU Husairi  Abdi mengatakan, rakor ini dilakukan guna menindaklanjuti kesepakatan yang dilaksanakan di Kabupaten Balangan terkait tentang pengalihan arus lalu lintas ke Kabupaten HSU karena adanya perbaikan jembatan paringin.





"Jadi bagaimana kita mengantisipasi, seperti pengalihan arus beberapa waktu lalu jalan kita mengalami kerusakan" Jelas Husairi menyebutkan alasannya. 

Lebih lanjut, Ia berharap angkutan berat yang melintas di Kabupaten HSU dapat sesuai dengan ketentuan maksimum 8 ton, sehingga tidak merusak jalan.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada Dinas PUPR HSU agar mendata dan mengecek kondisi jembatan yang dilewati kendaraan angkutan barang pada pengalihan arus kali ini.

"Jangan sampai ada hal yang tidak inginkan terjadi di jembatan kita di HSU" Imbuhnya. 

Adapun rakor kali ini menghasilkan beberapa poin kesepakatan diantaranya: 

1. Penindakan tegas terhadap kelebihan muatan yang tidak sesuai dengan kelas jalan kelas III (Max 8 Ton / Sumbu). dibuktikan dengan Surat Jalan / Delivery Order (DO) dari Perusahaan.

2. Penindakan pelanggaran angkutan barang akan dilakukan tindakan tegas oleh aparat yang terkait di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

3. Pemasangan rambu lalu lintas sesuai status jalan dan jembatan dilaksanakan oleh masing masing yang berwenang untuk mempertegas tindakan hukum di lapangan. 

4. Agar PT Conch dapat menyesuaikan armada pengangkut muatan sesuai dengan Kelas Jalan yang dilalui dan mengangkut dengan kendaraan yang memiliki kapasitas angkutan maksimal 8500 kg sesuai dengan kir Kendaraan yang berlaku.

5. Jam operasional untuk angkutan semen Conch melewati Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah dari Jam 21.00 wita s/d 05.00 wita.

6.Kendaraan angkutan tidak beriringan dan menjaga jarak agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain serta tidak memarkir kendaraan di bahu jalan.

7. Berita acara ini akan disosialisasikan selama 5 (lima) hari mulai tanggal 5 s/d 9 September 2022.

8. Penindakan terhadap pelanggar akan dimulai pada tanggal 10 September 2022.


Sumber: Diskominfosandihsu untuk Info Publik

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update