Disput Kabupaten HSU Gelar Pelatihan Pembuatan Tenun di Desa Cangkring - INFO PUBLIK NEWS

Friday, August 12, 2022

Disput Kabupaten HSU Gelar Pelatihan Pembuatan Tenun di Desa Cangkring


Kepala Dinas Perpustakaan HSU Hj Lailatanur Raudah, saat membuka kegiatan pelatihan tenun di Desa Cangkring Kecamatan Amuntai Selatan 


AMUNTAI -IPN - Dalam meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat, Dinas Perpustakaan (Dispust) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial menggelar Pelatihan Pembuatan Tenun yang dilaksanakan Di Desa Cangkring Kecamatan Amuntai Selatan. Jumat (12/8/2022)


Pelatihan pembuatan tenun yang digelar selama dua hari dari tanggal 12-13 Agustus di Kantor Desa Cangkring diikuti sebanyak 20 peserta.


Dalam kesempatannya Kepala Dispust HSU, Lailatanur Raudhah saat membuka kegiatan pelatihan mengatakan, sesuai dengan Undang-undang (UU) nomer 43 tahun 2007, perpustakaan menjadi kegiatan yang wajib diselenggarakan.


"UU tersebut juga ditindak lanjuti pemerintah daerah melalui UU nomer 23 tahun 2014, serta telah ditindak lanjuti peraturan pemerintah daerah nomer 18 tahun 2016 bahwa perpustakaan ditetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar," ujarnya.







Ia menuturkan, sebelumnya perpustakaan menjadi urusan pilihan, seiring berjalannya waktu Dispust sebagai salah satu susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) dituntut atau diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan perpustakaan.


"Sesuai juga dengan program nasional, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah salah satu kegiatan perpustakaan daerah yaitu melaksanakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," ucapnya.


Lebih lanjut Lailatanur berharap melalui pelatihan tersebut mampu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menimba ilmu dan menambah keterampilan.


"Walaupun pelatihan ini hanya beberapa hari, semoga nantinya masyarakat dapat memanfaatkan waktu luangnya lagi untuk belajar menenun, sehingga kedepannya dapat menghidupi keluarga, agar kehidupannya lebih cerah dan lebih baik," harapnya.


Sementara itu, Kepala Desa Cangkering melalui kepala urusan umum dan perencanaan, Mansyur mengucapkan terima kasih kepada Dispust HSU yang telah memberikan perhatian terkait dengan adanya tenun ikat yang ada di desa cangkering.


"Kami ucapkan terima kasih pada Dispust HSU telah memberikan perhatian khusus tentang adanya tenun ikat yang ada didesa ini, yang mana beberapa bulan lalu pemerintah desa cangkering telah melakukan kerjasama dengan Dispust HSU tentang perpustakaan desa, kearsipan dan kegiatan lainnya, yang hingga saat ini telah berjalan dengan baik," ungkapnya.


Ia mengharapkan, melalui pelatihan tersebut dapat menjadi peluang usaha, mewujudkan tenaga kerja berpotensi dan terampil, membuka kesempatan kerja atau lapangan kerja untuk menanggulangi permasalahan pengangguran.


"Selain itu melalui pelatihan ini juga dapat menambah keterampilan, jadi kalau sudah bisa atau terampil menenun dan bagus hasilnya baru menjadi menambah penghasilan," pungkasnya.


Sumber: Diskominfosandihsu untuk Info Publik News

Uploder: Tim 

Comments