Notification

×

Iklan

Iklan

Mantap !! Kemenpan-RB Beri Nilai SAKIP Predikat B untuk Pemkab HSU

Tuesday, April 05, 2022 | 05 April WIB Last Updated 2022-04-05T10:20:06Z


Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc (tengah) saat melaksanakan vicom secara virtual.


AMUNTAI -IPN- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi  (Kemenpan-RB) RI, kembali memberi apresiasi berupa penghargaan kepada sejumlah instansi pemerintah terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2021.


Sebanyak kurang lebih 22.000 instansi pemerintahan yang menjadi evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan birokrasi reformasi, diantaranya 79 lembaga dan kementerian, 34 pemerintah provinsi dan 508 pemerintah kabupaten/kota.


Kalimantan Selatan (Kalsel) sendiri 13 pemerintah kabupaten/kota menerima penghargaan SAKIP dan RB tahun 2021 dari pemerintah pusat. Salah satunya Kabupaten Hulu Sungai Utara meraih SAKIP dengan predikat B, sedangkan untuk RB predikat CC.


Penghargaan tersebut diketahui, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU Husari Abdi beserta jajaran saat menghadiri penyerahan penghargaan SAKIP dan RB award 2021 yang diadakan oleh Kemenpan-RB secara virtual, Selasa (5/4/2022).




Dalam sambutannya Sekretaris Kementerian PANRB RI, Rini Widyantini mengatakan tranformasi dalam reformasi dan birokrasi sangat diperlukan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.


Mewujdukan sistem tata kelola pemerintah yang baik, menurutnya diperlukan   komitmen nyata dan perbaikan berkisanambungan pada berbagai aspek tata kelola pemerintah.


"Ini terlihat semakin meningkatnya jumlah pemerintah daerah yang menyampaikan hasil penilaian mandiri pelaksanaan reformasi dan birokrasi kepada Menpan-RB pada tahun 2021." ucap Rini.


Lebih lanjut,  berdasarkan Permenpan-RB Nomor 88 Tahun 2021 tentang evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan Permenpan-RB Nomor 89 Tahun 2021 tentang penjenjangan kinerja instansi pemerintah. kedua peraturan itu dibuat agar pedoman terkait evaluasi implemntasi SAKIP lebih jelas mudah dipahami semua instansi pemerintah.


"Hasil evaluasi reformasi dan birokrasi serta SAKIP 2021 ini secara nasional, menunjukkan tendensi hasil yang positif." ujarnya.


ia juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota yang telah konsisten melakukan berbagai perbaikan sehingga mendapatkan predikat, B, BB, A dan AA.


Sementara pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang masih mendapatkan predikat C dan CC, ia mengajak para gubernur, bupati/walikota dan sekretaris daerah  untuk fokus memberikan kinerja yang berdampak signifikan ke masyarakat.


Sumber: Diskominfohsu untuk Info Publik News

Uploder: Tim


"Hakikatnya (award) SAKIP dan RB ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat." pungkasnya. 



×
Berita Terbaru Update