-->

Mendadak Napi Lapas Kelas IIB Amuntai Di Razia Tim Gabungan. Ini Yang Ditemukan Petugas


Temuan tim gabungan dalam razia di ruang tahanan warga binaan di Lapas Kelas IIB Amuntai


AMUNTAI-IPN- Ratusan Narapidana di Lapas Kelas IIB Amuntai terkejut saat diminta keluar dari sel tahanan yang ditempatinya.


Bahkan sebagian terlihat bingung karena tim gabungan melakukan razia Rabu (7/4/2021) sekitar pukul 20.00 Wita malam ini.


Tim gabungan diketahui terdiri Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas), Badan Nasional Narkotika Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Satres Narkoba Polres HSU dan Kodim 1001 Amuntai yang dibagi dalam 4 regu.


Regu tersebut menyasar sekitar 500 lebih narapidana yang 70 persen didominasi napi dalam kasus Narkotika.


Setelah merazia masing-masing blok, beberapa petugas menemukan barang larangan yang disembunyikan para narapidana tersebut.


Setelah dikumpulkan petugas, Kayu, pisau cukur, paku dan plat besi termasuk korek api, botol parfum, baterai hp sampai obat turut ditemukan petugas.


Kalapas Kelas IIB Amuntai Dwi Hartono SH MH mengatakan razia gabungan ini salah satu upaya melakukan fungsi pengawasan terhadap barang-barang yang menjadi larangan dimiliki bagi warga binaan pemasyarakatan.




"Razia berlangsung sekitar satu jam dimulai pukul 20.00 Wita sampai dengan 21.00 Wita petugas menemukan barang larangan bagi warga binaan dari ruang tahanan mereka," kata Dwi pada rekan media malam ini.


Adapun temuan seperti kayu, plat besi, pisau cukur sampai obat yang diketahui obat umum dan paku termasuk baterai hp sampai bambu juga ikut diamankan.


Tak hanya itu, kegiatan razia ini juga dilaksanakan tes Urine kepada 10 warga binaan yang disaksikan langsung pihak BNNK Kabupaten HSU.


"Pada intinya kami melakukan pencegahan agar warga binaan kami tidak ada yang terindikasi pelanggaran khususnya penyalahgunaan narkotika di dalam Lapas Kelas IIB Amuntai," lengkap Dwi.


Sementara itu, Kepala BNNK HSU Kompol H Syamsudin yang juga hadir dalam Razia gabungan tersebut juga menyampaikan setelah dilaksanakan tes Urine dan razia ke masing-masing blok tidak ditemukan narapidana yang positif atau membawa Narkotika ke dalam lapas.


Dan pada pelaksanaan tes urine yang dilakukan tidak ditemukan sampel acak yang positif. Ini menandakan pencegahan di lapas ini sudah sangat baik. Dan diharapkan terus ditingkatkan.


"Terima kasih pada Lapas Kelas IIB Amuntai yang telah melaksanakan razia gabungan bersama pihaknya dan unsur dari Polres HSU dan Kodim 1001 Amuntai. 


Termasuk Kantor Balai Pemasyarakatan Amuntai," sampainya. Hadir juga KBO Lantas Ipda Fannan mewakili pihak Polres HSU. (*)



Sumber: Info Publik News

Penulis: Dhani

Uploder: Tim

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment