-->

Kapolres dan Bupati Kab.HSU Vicon Terkait Persiapan Penerimaan Anggota Polri


Vicon Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan SIK Bupati HSU H Abdul Wahid HK dan Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari SKM terkait penerimaan anggota Polri.


AMUNTAI -IPN- Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab.  HSU mengikuti Video Conference (Vicon) terkait Rencana Penyelenggaraan Penerimaan Anggota Polri menggunakan Dana Hibah Pemerintah Daerah yang digelar Polda Kalsel, Rabu (14/4/2021) 13:30 Wita.


Untuk pelaksanaan vicon di Mapolres HSU di gelar di Rupatama I diikuti langsung oleh Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H dan  sejumlah pimpinan daerah Kab. HSU diantaranya hadir langsung Bupati HSU Drs. H.Abdul Wahid,HK.,M.M.,M. Si, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari,SKM, Sekda Kab. HSU H.M. Taufik,S.Sos.,MM.


Kepala BKD Kab.HSU H. Ahmad Yusri,S.Sos.,M.Ap, Kepala BKAD Kab. HSU Drh. H. Suryadi, Kepala Inspektorat Kab. HSU Drs. H. Abdul Hamid dan ikut hadir Wakapolres HSU Kompol Muhammad Irfan,S.H.,M.H, Kabag SUmda Porles HSU AKP Slamet Hari Wahyudi,S.H.,M.H, Kasat Reskrim Iptu M. Andi Patinasarani, S.H serta sejumlah perwira Polres HSU


Dalam vicon tersebut Pj. Gubernur Kalsel Dr. Safrizal ZA, M.Si., mengatakan, Pemprov Kalsel menyambut baik Rencana Penyelenggaraan Penerimaan Bintara Polri Polda Kalsel dengan menggunakan Dana Hibah dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota.


Sebab menurutnya, Polda dan Pemprov, Pemkab/Pemkot keduanya merupakan perwakilan Pemerintah Pusat di daerah, Kapolda mewakili Polri dan Gubernur mewakili Pemerintah Pusat. Sehingga jalinan harmonis harus dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kalimantan Selatan.


Terkait rencana penerimaan anggota Polri, pihaknya bercita-cita agar pemuda pemudi Kalimantan Selatan bisa ikut serta dalam akademi kepolisian.


Ia juga berharap penyelenggaraan penerimaan anggota Polri diwilayah hukum Polda Kalsel dilakukan dengan selektif, transparan dan profesional sehingga dapat melahirkan calon anggota Polri yang tangguh dan bertanggungjawab dan siap ditugaskan dimana saja di seluruh wilayah.


 “Oleh karena itu saya akan instruksikan kepada Bupati/Walikota hingga Camat untuk mencari calon-calon anggota Polri dari SMA-SMA di seluruh Kalimantan Selatan,” kata Pj. Gubernur Kalsel Dr. Safrizal ZA, M.Si.


Dalam kesempatan tersebut Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. mengatakan rencana untuk menjaring pemuda pemudi Kalimantan Selatan sebagai calon anggota Polri dilakukan dengan maksud untuk memberikan kepercayaan seluruh masyarakat bahwa seleksi pendidikan atau rekrutmen di lingkup Kepolisian sudah dilakukan dengan prinsif bersih, transparan, akuntable dan humanis (BETAH).


Kemudian prinsif itu juga ditambah lagi dengan Clean and clear, artinya tidak satu pun kendala bagi seluruh pemuda-pemudi untuk mengikuti seleksi ini, ketika semuanya sudah memenuhi persyaratan. Sehingga pameo ‘Suap’ dalam rekrutmen anggota polisi harus disingkirkan jauh-jauh. 


“Oleh karena, jauh-jauh hari sudah kita mempersiapkan dengan melibatkan Pemerintah Daerah, bagi pemuda-pemudi yang berkeinginan mengikuti pendidikan di lingkungan Kepolisian, setidaknya bisa mengurangi angka pengangguran.


Usai Vicon Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H menjelaskan bahwa sesuai arahan Kapolda Kalsel bahwa Polres mendapat tugas sebagai Panitia Penerimaan Polri dan pintu gerbang calon anggota Polri


Untuk itu agar seluruh peserta Vicon khususnya Panitia Penerimaan Polri tidak bermain-main terhadap seleksi penerimaan anggota Polri karena akan berpengaruh terhadap masa depan Polri


Perlu diketahui bahwa Rekrutmen Penerimaan Anggota Polri dari calon Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri TA.2021 sudah dibuka dan bisa mendaftarkan diri melalui online www.penerimaan.polri.go.id atau langsung mendatangi ke Bag Sumda Polres HSU 


Untuk diketahui bahwa menjadi anggota Polri tidak dipungut biaya dan Polri menganut prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis atau BETAH sesuai  arahan  Kapolda Kalsel


Sementara Bupati HSU Drs. H.Abdul Wahid,HK.,M.M.,M. Si, mengapresiasi rencana penerimaan Bintara Polri ini dan dalam kesempatan ini Bupati menghimbau kepada putra putri Kab. HSU  yang ingin menjadi anggota Polri agar dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tahapan-tahapan tes seleksi


Polda HSU dan Pemerintah Daerah Siap melahirkan Anggota Polri Asli Daerah, pungkas  Bupati.


Sumber: Humas Polres HSU dan Info Publik News

Uploder: Tim

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment