Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati HSU H Abdul Wahid Hadiri Launching Bio Expo Desa Peduli Gambut Kalsel

Wednesday, November 25, 2020 | 25 November WIB Last Updated 2020-11-25T10:00:36Z


Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat melihat hasil kerajinan masyarakat desa peduli gambut




-Gandeng Dekranasda HSU Yayasan Rahim Bumi Gali Potensi DPG


AMUNTAI -IPN - Kemajuan suatu daerah selain tersedianya Sumber Daya Manusia yang potensial  juga Sumber Daya Alam merupakan modal utama,,dan yang terpenting bagaimana mengelola  berbagai sumber daya tersebut.

Atas dasar inilah Yaýasan Rahim Bumi yang berdiri di tahun 2018 dan merupakan salah satu yayasan yang peduli dengan kearifan lokal khususnya potensi daerah melakukan kegiatan pembinaan,pendampingan,serta membantu pemasaran hasil produk dari Masyarakat di daerah gambut khususnya di Kabupaten HSU dan Kabupaten Balangan.


Seperti yang disampaikan oleh Farid Wajidi selaku Direktur Yayasan Rahim Bumi ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan Bio Expo Desa Peduli Gambut Kalimantan Selatan di Kalakai Galery desa Matang Siran Kecamatan Banjang HSU ,Rabu 25 November 2020.

 

"Yayasan kami selama kurun waktu 2 tahun ini telah banyak melakukan kegiatan seperti memberikan pelatihan pelatihan kepada para pengrajin diantaranya pemanfaatan bahan non kimia dalam proses pembuatan kain sasirangan,dalam hal pembinaan pengrajin kita juga merasa bersyukur dimana Dekranasda HSU melalui Ketuanya Hj. Anisah Wahid  selalu memberikan dukungan dan turun langsung kepengrajin untuk memberikan trik serta motivasi motivasi dalam menjalankan kegiatan ini disamping dukungan dari instansi terkait yang ada di daerah HSU dan Balangan,"pungkasnya.


"Kepada Badan Restorasi Gambut kami juga bersyukur atas arahannya melalui Deputi 3 Bidang Edukasi,Sosialisasi,dan Kemitraan pada Badan Restorasi Gambut sehingga kegiatan kami selama ini benar benar dapat memberikan manfaat bagi pengrajin, seperti saat ini kami melakukan Pameran hasil dari olahan atau produk dari pengrajin dilahan gambut dimana dalam pameran ini kami menampilkam kerajinan dan olahan makanan seperti Kue,minuman kesehatan yang tentunya kesemuanya itu merupakan hasil binaan dari yayasan Rahim Bumi dan sudah pasti berbahan dasar lokal dan organik,"tutupnya.




Momen kegiatan


Dalam kesempatan itu Deputi 3 Bidang Edukasi,Sosialisasi dan Kemitraan pada Badan Restorasi Gambut Myrna A Safitri Apresiasi kegiatan Expo Bio ini.


"Selaku Deputi 3 yang bertugas sudah bebaerapa tahun di wilayah Kalimantan Selatan ini HSU banyak memberikan inspirasi bagi kami dalam menjalankan kegiatan  yang berkenaan dengan lahan gambut,dimana dalam menggali potensi daerah gambut HSU berhasil,hal ini terlihat dengan mendunianya kerajinan yang berbahan dasar dari lahan gambut yaitu tanaman purun dan juga HSU merupakan mitra kerja kami yang berani melakukan inovasi,hanya sedikit daerah yang berani melakukannya,"sebutnya.


Bupati HSU Abdul Wahid juga apresiasi kegiatan Bio Expo ini bahkan secara khusus Wahid meminta agar para pengrajin menyadari bahwa peluang usaha yang berbahan lokal ini sangat besar.


"Saya pernah melihat bahwa hasil dari kerajinan kita ini harganya cukup mahal diluar daerah bahkan bisa mancapai puluhan kali dari harga dipasaran lokal lebih lebih di luar negeri,padahal hanya diberi variasi sedikit bisa meningkatkan nilai jualnya,jadi hendaknya para pengrajin selalu berinovasi dan pandai pandai mengatur waktu sehingga kalau ada permintaan pasar yang cukup banyak para pengrajin siap melaksanakannya seperti beberapa waktu yang lalu,"ujarnya.


Mengenai Peran Badan Restorasi Gambut Kembali Wahid menegaskan bahwa Badan tersebut sangat dibutuhkan di daerah HSU ini  dan Daerah Gambut lainnya .


"Saya pernah sampaikan beberapa waktu yang lalu saat menjadi narasumber  pada salah satu acara secara daring bahwa peran Badan Restorasi Gambut itu sangat penting seharusnya diperkuat bukan sebaliknya mengingat pembangunan tidak hanya di daerah yang Sumber Daya Alam yang melimpah saja,di daerah lahan Gambut pun perlu dilaksanakan bahkan pakta sekarang dimana dimasa pandemi Covid 19 ini banyak daerah daerah yang kewalahan menghadapi pandemi justru daerah kami bisa bertahan,"tegasnya. (*)



Sumber: Diskominfo HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update