Notification

×

Iklan

Iklan

Ikut Petik Cabai dan Melon' Bupati HSU H Abdul Wahid Ajak Pemuda Terjun ke Sektor Pertanian

Sunday, August 09, 2020 | 09 August WIB Last Updated 2020-08-09T12:29:16Z

Bupati HSU saat ikut memanen hasil pertanian seperti melon di Kecamatan Amuntai Utara.


Amuntai -IPN- Meski 89% wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara terdiri atas lahan rawa, namun tidak menghalangi semangat petani hortikultura yang tergabung dalam kelompok tani Sari Mulia, Desa Tayur, Kecamatan Amuntai Utara dalam bercocok tanam.

Memanfaatkan lahan yang ada untuk mengembangkan produk hortikultura yang berdaya saing.

Ada banyak tanaman yang dibudidayakan disini diantaranya durian, pampakin, kurma , kelingking, melon, labu, semangka, bawang, cabai, petai, kurma, anggur, pisang dan nangka.

Fahrul salah seorang petani mangatakan dirinya berani memilih untuk bertani hortikultura karena potensi tanah sangat mendukung sekali untuk bercocok tanam.

Beberapa tanaman memiliki beberapa varietas disini, seperti semangka contohnya mulai dari semangka merah seperti biasa dijual dipasar, semangka madu, semangka kuning dan semangka lundu ada disini. Melon pun ada melon biasa dan ada pula melon kuning.

Beberapat sudah bisa dipanen diantaranya pada panen kali ini dari 30kg bibit bawang merah bisa menghasilkan 150kg bawang merah. Untuk melon dari 1200 tanaman bisa menghasilkan 10ton melon pada panen kali ini, serta semangka merah dan semangka madu sudah mulai bisa dipanen. Untuk tanaman yang lainnya akan terus dikembangkan.

Fahrul berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam hal ini Dinas Pertanian HSU yang telah banyak memberikan dukungan baik bibit maupun alat-alat pertanian. Sehingga proses bercocok tanam bisa berjalan dengan lancar dan bisa terus ditingkatkan.


Momen

"Saya lihat disini tempatnya tidak jauh dari lapangan cross, mungkin nantinya bisa dikembangkan jadi semacam agrowisata, sehingga kabupaten HSU bisa lebih mantap lagi dengan adanya hortikultura dan agrowisata" ujar Fahrul

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si pun tertarik untuk melihat langsung. Menurut Wahid hal ini sangat tepat sekali terutama dimasa pandemi Covid-19 ini kita harus kreatif untuk bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan perekonomian.

Bupati Wahid siap mendukung segala hal yang berkaitan dengan peningkatan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat di Kabupaten HSU sehingga lebih produktif, salah satu contohnya pertanian hortikultura ini.

Bupati Wahid juga menghimbau para generasi muda yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk ikut mengupayakan pemanfaatan lahan agar lebih produktif.

"Selamat untuk kelompok tani Sari Mulia yang pada hari ini sudah panen ke-3 kalinya, lahan seluas 5 hektar sudah digarap dan sudah mulai menghasilkan" ucap Wahid. Kegiatan ini juga dihadiri Kapolsek Amuntai Utara Ipda Warsono. (*)


Sumber: Humpro dan Diskominfo HSU
Penulis: Tirta Humpro
Editor: Del



×
Berita Terbaru Update