-->

Obati Kerinduan Pesilat' Kodim Amuntai Gelar Pagelaran Pencak Silat Tradisional



Foto bersama dengan pesilat


Amuntai -IPN- Ikut melestarikan seni budaya tradisional, Kodim 1001/Amuntai gelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Pagelaran Pencak Silat Tradisional se Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan mengusung tema " Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif ",bertempat di Halaman Makodim 1001/Amuntai Kec. Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Rabu (29/07/2020)

Kegiatan diawali sambutan Ketua KONI HSU H Barkati menyambut baik dengan diadakannya pergelaran pencak silat tradisional se HSU dalam rangka kegiatan Komsos kreatif.


"Kita tahu pada akhir-akhir ini kegiatan olahraga hampir terhenti semuanya karena adanya pandemi Covid-19. Jadi dengan adanya kegiatan seperti ini serasa mengobati keinginan kita untuk suatu kegiatan pertandingan sangat terasa sekali, karena berbagai kegiatan olahraga sekarang ini masih belum direkomendasi, apalagi yang melibatkan penonton," kata Barkati.

Sementara itu, Dandim 1001/Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, S.I.P., M.Tr (Han) yang sekaligus membuka kegiatan Pagelaran Pencak Silat Tradisional se HSU menyampaikan, acara ini dalam rangka kegiatan komsos kreatif Kodim 1001/Amuntai tahun 2020.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa program kegiatan ini adalah program pembinaan teritorial TNI AD yang pada hakekatnya adalah kegiatan untuk menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta,serta upaya untuk membangun memelihara meningkatkan dan memantapkan kemenangan TNI dengan rakyat melalui berbagai kegiatan diantaranya adalah dengan diselenggarakannya pagelaran pencak silat ini," kata Dandim.

Adapun tujuannya sebagai upaya untuk melestarikan kesenian dan budaya tradisional bangsa yang dikemas dalam konsep kreatif sekaligus juga membudayakan olahraga beladiri di Kabupaten Hulu Sungai Utara meskipun kegiatan ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Namun demikian tegas Dandim saat ini kita sedang menuju ke adaptasi kehidupan baru atau yang dulunya dikenal dengan New Normal kita tetap melaksanakan kegiatan namun dengan mengedepankan protokol kesehatan antara lain dengan menggunakan masker kemudian melaksanakan cuci tangan menjaga jarak dan lain-lain yang merupakan protokol kesehatan.

Kemudian komunikasi sosial ini merupakan upaya pekerjaan dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 1001/ Amuntai guna menyampaikan pikiran dan pandangannya yang terkait dengan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang meliputi mendukungnya serta membangun memelihara meningkatkan kemanggulan TNI dengan rakyat melalui sinergitas dengan seluruh komponen masyarakat.

Komsos Kreatif ini merupakan bentuk komunikasi sosial baru yang mampu diharapkan menciptakan pesan baru melalui pentas seni budaya,melalui olahraga yang disesuaikan dengan kearifan lokal daerah tempat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19, melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin komunikasi yang intensif antara TNI khususnya Kodim 100/ Amuntai dengan seluruh komponen masyarakat agar terjalin hubungan yang emosional yang erat dan harmonis dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila melalui program yang diharapkan dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.ungkap Dandim

Dandim juga menekan kepada seluruh peserta pagelaran pencak silat tradisional se Kabupaten Hulu Sungai Utara yang disampaikan oleh ketua KONI selain kita melestarikan budaya tradisional dari nenek moyang kita melalui pencak silat ini,sekaligus kita juga memotivasi para peserta untuk mengembangkan atau memelihara kesehatan tubuh kita yang melalui olahraga, jadi pencak silat ini harus dilestarikan dan dipelihara yang nantinya bisa kita ekspos kita banggakan untuk memberikan anda semua kesempatan tampil nantinya di event-event yang lebih besar lagi.

Sekali lagi kami dari Kodim 1001/ Amuntai berharap kegiatan ini dapat bermanfaat buat kita semua, untuk masyarakat, untuk pemerintah daerah dan juga untuk kemajuan pariwisata dan juga olahraga di Kabupaten Hulu Utara.harap Dandim

Kemudian dilanjutkan kegiatan pagelaran pencak silat tradisional yang diikuti oleh seluruh perguruan silat se Kab.HSU, pemberian piagam penghargaan, sembako dan uang pembinaan yang diserahkan langsung Dandim 1001/Amuntai didampingi oleh Ketua KONI dan Perwakilan Disporapar  Kab. HSU serta ditutup dengan foto bersama.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1001/Amuntai, Ketua KONI Kab.HSU, Perwakilan Disporapar Kab.HSU, Ketua IPSI, Para Ketua Perguruan Pencak Silat Kab.HSU dan Perwira Staf Kodim 1001/Amuntai.(*)

Sumber: Pendim 1001
Editor: Del

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment