-->

HUT KNPI ke-47 Bupati HSU H Abdul Wahid Motivasi Pemuda untuk Terjun ke Sektor Pertanian


Bupati HSU H Abdul Wahid HK tiga dari kiri bersama Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto SIK dan Ketua DPD KNPI HSU Almien Ashar Safari dan unsur Forkopimda saat meninjau Jalan Usaha Tani di Desa Babirik Hulu usai tanam perdana di HUT KNPI ke-47.


-Ketua DPD KNPI HSU Almien Ashar Safari Meriahkan HUT dengan Tanam Padi Perdana


AMUNTAI -IPN- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUt) ke-47 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2020 berlangsung berbeda.

Peringatan KNPI HSU tahun ini dikemas lain dikarenakan dikemas dengan aksi penanaman padi perdana yang melibatkan unsur pemuda, TNI ,Polri dan masyarakat di Desa Babirik Hulu Kecamatan Babirik Minggu (26/7/2020) siang tadi.

Tema tahun ini 'Mari Kita Ciptakan Generasi Petani Milenial yang Kreatif ,Inovatif dan Progresif' kegiatan berlangsung meriah sebab dihadiri langsung Bupati Hulu Sungai Utara H Abdul Wahid HK M.Si.

Termasuk Wakil Bupati Hulu Sungai Utara H Husairi Abdi Lc. Kapolres HSU AKBP. Pipit Subiyanto, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari yang juga Ketua DPD KNPI HSU, Perwakilan KNPI Provinsi Kalsel M. Najmuel Muttaqien S.Sos.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI HSU Almien Ashar Safari menyampaikan terimakasih dan bangga pada masyarakat desa yang bersedia memfasilitasi kegiatan HUT KNPI ke-47 tahun dengan kegiatan tanam padi perdana ini.

"KNPI sebagai organisasi central  pembinaan dapat mempersiapkan generasi muda yang handal dan dapat menjadi harapan di masa depan, dengan kegiatan tanam padi perdana ini nantinya akan menjadi media dan moment bagi pemuda HSU khususnya Babirik untuk bisa berkontribusi dalam bidang pertanian," sampainya.

Sebab lanjut Almien Sumber Daya Alam berupa lahan pertanian yang melimpah merupakan modal dalam meniti masa depan yang cerah.

Sementara itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyampaikan pentingnya peran pemuda membangun desa. Kehadiran pemuda di tengah-tengah masyarakat desa dapat menjadi pendorong dan tambahan energi positif dalam memajukan desa dan Banua yang lebih baik.

"Kebiasaan merantau dan mencari pekerjaan di luar desa atau daerah mulai sekarang dapat diubah dengan menetap di desa dan daerah tempat tinggal, terlebih lagi merantau untuk mencari pekerjaan yang belum pasti. Ayo bangun desa Anda sebab melimpah SDA," kata Wahid memotivasi pada kesempatan tersebut.

Momen tanam perdana.

Diungkapkan Wahid wilayah HSU yang hampir 89 persen rawa merupakan salah satu anugerah dari Tuhan yang harus disyukuri. Maka ajak Wahid kelola menjadi lahan pertanian yang produktif buktinya lahan pertanian yang ada di kabupaten HSU merupakan lahan pertanian yang subur dan dapat menanam padi dengan baik setiap tahunnya.

"Pertanian merupakan salah satu potensi yang tidak pernah habis selama dikelola dengan baik lain dengan sumber daya alam yang lain seperti pertambangan yang dapat habis jika dieksploitasi secara terus menerus," cetus bupati.

Maka dari itu dengan kegiatan penanaman padi perdana ini nantinya diharapkan dapat menjadi momentum untuk kebangkitan para pemuda untuk terjun di bidang pertanian khususnya di daerah HSU.

"Anda boleh sekolah ke luar daerah namun setelah lulus kembali ke desa dan turut membangun desa dengan ilmu yang didapat," ajak Wahid sekali lagi.

Sementara itu, Kepala Desa Babirik Hulu Lani dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada desanya.

"Luas lahan yang akan ditanam seluas 75 hektar dan bibit yang akan ditanam prioritas bibit tunggal kelas bibit atau benih sejenis. Dengan harapan melalui kegiatan tanam perdana ini akan memotivasi lagi para petani untuk lebih giat dalam bertani," sampainya.

Ketua DPD KNPI Provinsi Kalimantan Selatan diwakili M Najmuel Muttaqien, S.Sos mengaku bangga dan pada KNPI HSU karena telah melaksanakan Kegiatan HUT KNPI ke-47 dengan nuansa yang berbeda.

"Potensi pertanian khususnya komoditas pokok seperti beras menjadi produk unggulan yang sangat dibutuhkan masyarakat, sudah saatnya pemuda untuk terjun dalam dunia pertanian. Hilangkan pikiran bertani pekerja orang tua" sampainya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penanaman padi perdana yang dimulai secara simbolis Bupati HSU H Abdul Wahid HK dan beserta undangan lainnya yang rela turun ke persawahan berlumpur dan air.

Kegiatan ditutup dengan peninjauan jalan usaha tani yang ada di Desa Babirik Hulu, untuk selanjutnya akan dilaksanakan lagi pekerjaannya sehingga dapat mencakupi seluruh lahan persawahan yang ada di desa tersebut

Hadir juga Wakil Ketua TP.PKK HSU Bunda Hj Erlian Noor Fauziah Husairi, Unsur Forkopimda Kecamatan Babirik, Perkades se Kecamatan Babirik ,unsur kepemudaan HSU dan Masyarakat Desa Babirik Hulu. (*)


Sumber: Info Publik News
Penulis: Dhani
Editor: Del

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment