Notification

×

Iklan

Iklan

Hebat !!! Guru SMK Negeri 2 Amuntai Ciptakan Mesin Pengolahan Sampah 3 In 1

Tuesday, July 21, 2020 | 21 July WIB Last Updated 2020-07-21T00:51:50Z



Irhamudin saat merakit Mesin Pirolis Sampah 3 In One





  • DPMPD HSU Gali Potensi Warga Lewat TTG




AMUNTAI - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) setiap tahun menggelar kegiatan lomba dalam bidang teknologi.

Tahun ini dinas tersebut kembali menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2020.

Plt Kepala DPMPD Rijali Hadi SSTP mengatakan kegiatan dan event TTG ini dimaksudkan memicu minat masyarakat untuk menciptakan sebuah teknologi sesuai kearifan lokal HSU ataupun teknologi yang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

Tahun ini sambung mantan ajudan Bupati H Abdul Wahid ini mengangkat tema lomba 'Melalui Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kita Tingkatkan Kota Amuntai Yang Kreatif Produktif dan Berdaya Saing Yang Berbasis Inovasi'.

"Tujuan lomba sebagai wadah untuk berkreasi dan berinovasi terhadap teknologi. Harapan kami agar masyarakat HSU semakin kreatif, produktif dan inovatif memajukan daerah," kata Rijali SSTP melalui sambungan WhatsApp Senin (20/7).

Mantan Sekcam Sungai Tabukan ini juga berharap hadirnya lomba ini dapat memotivasi masyarakat memanfaatkan alat anak Banua sendiri sesuai kearifan lokal. Seperti alat penggiling pakan ternak yang murah dan mudah diaplikasikan oleh masyarakat khususnya peternak baik unggas dan ikan.

Untuk lomba sendiri para peserta terbuka untuk umum baik warga desa, individu dan kelompok, pengajar dan siswa.

"Pemenang lomba dari seleksi ini dimulai tahapan makalah pengajuan inovasi dan verifikasi lapangan yang nilainya diakumulasi. Tahun ini peserta didominasi pelajar dengan total 16 peserta," kata Rijali. 

Untuk pemenang dimenangi oleh Irhamudin yang merupakan pengajar di SMKN 2 Amuntai. Dimana sosok guru ini berhasil menciptakan alat Mesin Pirolis atau Mesin Pengelolah Sampah 3 in 1 yang dilombakan. 


Juarai TTG Kabupaten HSU tahun 2020



Sementara itu, Kepsek SMK Negeri 2 Hery Fitriady mengatakan senang atas capaian ciptaan guru di sekolah yang dipimpinnya. Bagi guru dengan inovasi teknologi tepat guna yang dilakukan merupakan wujud dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Berupa sambung Hery, Karya Inovatif yang dapat dihargai dengan angka kredit. Sementara bagi sekolah maupun masyarakat luas karya inovasi yang dibuat guru diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai wujud dari teknologi tepat guna.

"Kami pihak manajemen sekolah akan terus mendorong dan memfasilitasi guru maupun siswa untuk terus berinovasi agar bisa memberi manfaat sebesar-besarnya bagi sekolah maupun masyarakat," singkat Hery melalui sambungan WhatsApp. (")

Penulis: Dhani
Editor: Del


×
Berita Terbaru Update