Peningkatan Kasus Drastis, Apakah Pemerintah Gagal ?


OPINI – IPN . Update data Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara per 10 Juni 2020, Pukul 16.00 WITA, mencatat penambahan kasus positif Covid -19  harian menjadi 29 orang pada atau menjadi yang tertinggi pada hari ini.

Secara total jumlah kasus positif di Kabupaten ini mencapai 55 orang.

Berdasarkan perspektif kajian kesehatan masyarakat semakin tinggi temuan kasus positif justru semakin baik, artinya semakin masif petugas melakukan tracking dalam mendapatkan kontak suspect dan kemudian dilakukan test sehingga mendapatkan kasus Covid-19 positif.

Namun perlu kita sadari bersama masih banyak di luar sana yang masih berpotensi terpapar Covid-19.

Ada 2746 warga Amuntai berisko terpapar Virus Corona dan potensial sebagai penular Covid-19, namun bersangkutan tidak menyadari dan masih berinteraksi seolah tidak terjadi apa-apa setidaknya masih berinteraksi dengan anak, istri, keluarga.

Tidak menutup kemungkinan akan terjadi penambahan kasus positif melihat saat ini Rapid Test hanya hanya dilakukan pada ASN, pegawai rumah sakit dan Puskesmas, serta yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif.

Jika dilakukan Rapid test acak di tempat-tempat berisiko seperti di pasar, pasti akan terjadi peningkatan kasus yang drastis.

Di Hulu Sungai Utara , angka Case fatality Rate (CFR) / Angka Kematian dari yang ada saat ini tanggal 10 Juni 2020, yakni masih 1,82 persen dan ini masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan CFR Indonesia yakni 5,8 persen dan CFR Kalimantan Selatan 6,96 persen.

Namun hal ini akan lebih baik lagi dilakukan tracing, tracking dan tes rapid test masal, semakin masif testing dilakukan, maka semakin berhasil mengungkap kasus.

Persepsi masyarakat kita menjadi sebuah permasalahan, banyak yang beranggapan semakin banyak ditemukan kasus positif maka gagal pemerintahan.

Maka perlu kita bersama mengubah persepsi yang keliru ini. Harusnya kita menilai semakin ditemukan kasus positif semakin bagus untuk secepatnya dilakukan perawatan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Terpenting marilah kita bersama mencegah Covid-19 untuk diri sendiri, orang terdekat, dan keluarga dengan mematuhi anjuran-anjuran Kesehatan dan sesuai dengan protokol Kesehatan.

Junaidi, SKM (Pemerhati Kesehatan Masyarakat) untuk Info Publik News

Tags :

bm
Created by: Info Publik News

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment