Keren Abis ! TTG Saperiansyah Praktis Buat Semprot Disinfektan Covid 19


Saperiansyah saat melakukan demo penyemprotan dengan TTG karyanya
Barabai – IPN. Sebuah karya Teknologi Tetap Guna  (TTG) berupa alat angkut roda tiga matic untuk penyemprotan air   dibuat oleh Saperiansyah (52) warga Jalan Telaga , Kampung Melayu RT.IV  , Kelurahan Barabai Timur , Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimatan Selatan (Kalsel).

TTG tersebut juga dilengkapi  mesin cuci motor yang dimodifikasi sebagai matic untuk menjalankan roda alat tersebut,  tong air kapasitas 80 liter, 2 alat semprot , lampu rotator dan box penyimpan bahan kimia yang akan digunakan.

TTG ini terlihat sangat praktis untuk melewati medan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat  atau gang-gang sempit sehingga cocok digunakan untuk penyemprotan taman, kebun sayur bahkan untuk penyemprotan disinfektan  mencegah wabah Covid 19.

Dimusim wabah Covid 19 ini , TTG milik Saperiansyah ternyata sering digunakan untuk penyemprotan disinfektan di pasar , hotel hingga lingkungan masyarakat.


“Dengan modal 1 liter bensin alat ini mampu menyemprot disinfektan perumahan warga hingga  5 RT dalam waktu yang tidak lama karena jika air habis proses pengisian tong juga cepat,” ungkap Saperiansyah kepada Info Publik News , Jumat (23/05/2020) pagi.

Bahkan menurutnya beberapa Babinsa TNI juga memakai TTG ini dalam aksi sosial penyemprotan disifektan.

“Disamping untuk penyemprotan , TTG ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyedot air kolam ikan untuk dipanen,” tambahnya.



Oleh Saperiansyah TTG tersebut diberinya label Kami Anak Bangsa Hidup Selalu Tawakal (KAB HST) Serbaguna Kombinasi Matic.

Saat disinggung tentang harga, Saperiansyah mematok harga Rp.15 juta namun bisa nego untuk melepas karyanya tersebut atau siap memproduksi kembali jika ada yang berminat.

“Semoga ada yang berminat baik itu instansi Pemerintahan Kabupaten , Desa maupun masyarakat yang memiliki kebun sayur dan tambak ikan di HST maupun luar HST ,” harapnya.

Maka Saperiansyah  mempersilahkan kepada pihak yang tertarik untuk datang ketempatnya atau menghunginya di nomor HP 081348708655 atau 085392049712
  



Dari pantauan  Info Publik News ,  KAB HST Serbaguna Kombinasi Matic ini lebih praktis dibandingkan kendaraan roda tiga produksi luar negeri yang banyak dimiliki Pemerintah Desa.

Body kecil dan ramping ,  disamping fungsi utama jika tong air dilepas TTG ini bisa menjadi alat angkut seperti kulkas hingga lemari.
  
KAB HST Serbaguna Kombinasi Matic
Saperiansyah saat memacu laju TTG karyanya

Sedangkan untuk  kecepatan , TTG ini tidak kalah dengan kendaraan bermotor dan bisa menempuh jarak 20 – 25 Km dengan untuk 1 liter bensin.

“Wajar dan cocok  TTG  jika dimiliki  Dinas Kebersihan Tata Kota bahkan menjadi aset Desa ,” ucap salah satu warga yang melihat demonstrasi TTG tersebut. 

Penulis :MY
Editor : Paulo


Tags :

bm
Created by: Info Publik News

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment