Jadwal Terbaru UTBK - SBMPTN 2020 Akibat COVID-19

Jakarta - Info Publik News. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya mengumumkan jadwal terbaru untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  2020, Senin 6 April 2020.

Hal ini tak lepas dari  penundaan jadwal sebelumnya karena  berkaitan dengan wabah virus corona yang semakin berkembang di Indonesia.  

Jadwal kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:
  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN : 2 - 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK : 5 - 12 Juni 2020
  • Pengumuman SBMPTN : 25 Juli 2020
Karena itu bagi para calon pendaftar agar tetap memperhatikan beberapa hal penting dalam mengikuti UTBK 2020 : 
  1. Materi tes yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Dalam tes ini, kamu akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum, diluar kemampuan akademik.
  2. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (Satu) kali tes.
  3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.




Sebagai syarat utama dalam mengikuti SBMPTN, UTBK tidak mungkin dibatalkan karena bertujuan untuk Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Namun dengan adanya perubahan akibat Covid 19 ,  UTBK yang sebelumnya terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) diubah menjadi hanya TPS saja. 

Soal TPS mengukur kemampuan nalar dan logika sehingga  TPS akan menilai potensi calon mahasiswa secara pribadi. 

Selain itu, peraturan yang sebelumnya memperbolehkan pendaftar untuk mengikuti tes dua kali pun kembali diubah menjadi hanya diijinkan mengambil satu kali tes saja.

Dengan adanya perubahan itu , para pendaftar yang ingin masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur tersebut harus mulai memperbanyak berlatih soal-soal TPS sebelum menghadapi UTBK mendatang.


Tags :

bm
Created by: ADMIN INFO PUBLIK NEWS

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment