MANTAP, IAI PC HSU Kenalkan Fungsi Obat Sejak Dini ke Siswa Sekolah Dasar


Pengurus dan Anggota IAI PC HSU saat melaksanakan Edukasi mengenalkan Obat Sejak Dini pada siswa maupun siswi di SDN Paliwara 1 Kecamatan Amuntai Tengah. 


AMUNTAI - Mengenal jenis obat dan fungsinya memang perlu diketahui masyarakat secara luas bahkan sejak dini. Terkait hal itu Ikatan Apoteker Indonesia PC Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Sabtu (12/10/2019) pagi hari ini menggelar kegiatan bertajuk 'Bersama Apoteker Mengenali Obat Sejak Dini' dengan sasaran siswa sekolah dasar.

Adapun lokasi dari sosialisasi yang dilaksanakan pengurus IAI PC HSU yakni SDN Paliwara 1 dan SDN Sungai Malang 4. Dengan sasaran masing-masing 50 siswa. Apoteker yang terlibat sebanyak 34 Apoteker.

Hadir dalam kegiatan tersebut yang juga sebagai narasumber Fasilitator yakni Ketua IAI PC HSU Helda Yulianty S.Si Apt yang mengedukasi siswa SDN Paliwara 1. Sementara Ina Septina S.Far. Apt selaku Wakil Ketua IAI HSU di SDN Sungai Malang 4.

Helda Yulianty Apt pada Info Publik News pagi ini menyampaikan kegiatan ini sebagai ajang Edukasi pada Siswa sekolah dasar yang dipilih untuk mengenal jenis obat dan fungsinya termasuk dalam hal apa seseorang diajukan meminum obat. 

Momen Foto bersama dengan siswa Apoteker Cilik dan Pengurus IAI PC HSU. 

Selanjutnya ASN Dinas Kesehatan Kabupaten HSU ini juga menjelaskan maksud lain kegiatan ini dalam rangka kegiatan bersama World Pharmacists Day Tahun 2019 yang jatuh pada 25 September 2019 tadi. Salah satu kegiatannya adalah melakukan edukasi terkait obat kepada siswa hari ini. 

"Tema kami angkat Bersama Apoteker Mengenali Obat Sejak Dini" kata Helda di sela-sela kegiatan. Kegiatan ini pun serentak diadakan di seluruh Indonesia pada tanggal 12 Oktober 2019 hari ini dengan tengan target mendapat Rekor MURI yaitu Rekor Edukasi Obat kepada Siswa SD terbanyak, tambahnya. 

"Materi yang kami sampaikan kepada siswa dengan cara interaktif oleh Apoteker. Materinya diantaranya adalah standar minum obat dengan izin orang tua/ wali, jangan berbagi obat/ menggunakan obat orang lain, simpan obat dalam wadah aslinya dan selalu simpan obat di tempat aman," jawabnya. 

Tak hanya itu masih ungkap Ibu dua putra ini bahwa setiap siswa akan mendapatkan Pin APOCIL (Apoteker Cilik). Setiap Sekolah dari 50 siswa akan dipilih 3 (tiga) APOCIL terbaik dan akan mendapatkan selempang Apoteker Cilik HSU 2019, terangnya.

"Harapannya kami adanya kegiatan ini, siswa dapat lebih mengenal obat dan aturan penggunaannya sejak dini, agar dapat mencegah penyalahgunaan obat dikalangan remaja. Dan tentu saja mengenalkan Profesi Apoteker dalam tugasnya pengelolaan obat di masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1  Indah Pahriadni S. Pd. SD menyampaikan sangat mengapresiasi langkah IAI PC HSU dalam mengedukasi anak didiknya, terkhususnya dalam pengenalan obat bagi anak usia dini.

"Ini sangat positif. Dan juga menjadi motivasi siswa dalam mengenal profesi seorang Apoteker. Kami senang sekali sebab sekolah kami terpilih menjadi lokasi Edukasi para rekan Apoteker di HSU," pujinya. (*)

Sumber : Info Publik News
Penulis : Del
Editor : Del

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANTAP, IAI PC HSU Kenalkan Fungsi Obat Sejak Dini ke Siswa Sekolah Dasar "

Post a Comment