Notification

×

Iklan

Iklan

Rapat Paripurna Umumkan Kursi Pimpinan DPRD HSU 2019-2024

Monday, September 02, 2019 | 02 September WIB Last Updated 2019-09-02T08:21:12Z
Amuntai - Info Publik News.  Ketua DPRD Hulu Sungai Utara (HSU) sementara Almien Ashar Safari,SKM sebelum  memulai Rapat Paripurna Ke 1 Masa Sidang Tahun 2019 menyampaikan sehubungan dengan belum ditetapkannya peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD yang baru, maka aturan dan ketentuan yang digunakan adalah peraturan tata tertib DPRD nomor 1 tahun 2018.

Maka dibentuklah 6 buah Fraksi yang terdiri dari 4  buah Fraksi dari Parpol ( Fraksi Golongan Karya dengan 12 orang,  Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa 5 orang,  Fraksi Partai Persatuan Pembangunan 4 orang,  Fraksi Partai Keadilan Sejahtera 3 orang)   dan 2 buah Fraksi gabungan Parpol (Fraksi Gerindra Bulan Bintang 3 orang dan Fraksi NASDEM PDI-P 3 orang).

Setelah pembentukan fraksi  sidang dilanjutkan dengan penetapan calon pimpinan DPRD HSU dimana berdasarkan penjelasan pasal 164 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, yang menyatakan bahwa "Partai politik yang urutan kursinya terbanyak di DPRD kabupaten/kota, berhak mengisi kursi pimpinan DPRD, melalui pimpinan partai politik setempat mengajukan anggota DPRD kabupaten/kota yang akan di tetapkan menjadi pimpinan DPRD". 


Sehingga tiga parpol bisa mengusul pimpinan DPRD  yakni  Partai Golongan Karya,  Partai Kebangkitan Bangsa dan  Persatuan Persatuan Pembangunan. 


"Dari pimpinan daerah Partai Golkar menunjuk Almien Ashar Safari, SKM  Sebagai Calon ketua DPRD HSU , dari  dewan pengurus cabang PKB  mengusulkan Mawardi, SH,MM Sebagai Wakil Ketua DPRD HSU dan dari pengurus harian dewan pimpinan cabang PPP  mengusulkan Fathurrahim  sebagai wakil Ketua," kata Almien .

" Dan sesuai dengan ketentuan, pimpinan sementara akan menyampaikan nama calon pimpinan DPRD tersebut kepada Gubernur Kalimantan Selatan melalui Bupati HSU  untuk ditetapkan dan diresmikan pengangkatannya," tambah Almien.

Sumber : Diskominfo
Editor : Del


×
Berita Terbaru Update