-->

MAN 5 HSU Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Amuntai – Info Publik News. Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2019, dalam suasana ibadah puasa Ramadhan MAN 5 Hulu Sungai Utara (HSU)  menggelar upacara, Sabtu (01/06/19) pukul 08.30 Wita dihalaman madrasah.

Upacara yang  bertemakan “Kita Pancasila Kita Indonesia”, bertindak sebagai Pembina ,Kepala MAN 5 HSU Drs.Alpahmi,MM dengan para  tenaga pendidik bertugas sebagai petugas upacara mulai dari pemimpin upacara  hingga pembaca do’a kecuali pengibar bendera yang didelegasikan kepada pengurus OSIS.

Peserta upacara disamping seluruh siswa  dan guru MAN 5 HSU juga dihadiri Kepala MA Darul Ulum yang berdomisili tinggal dengan dengan MAN 5 HSU , Kepala dan seluruh tenaga pendidik MTs Intisyarul Mabarat yang memilih bergabung mengikuti upacara mengingat lokasinya juga berdekatan.


Pelaksanaan upacara ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama nomor 4514/SJ/BVI/HK.00.7/05/2019 yang memajibkan seluruh ASN memperingati Hari Lahir Pancasila baik diinstansi sendiri maupun bergabung  dengan instansi lain jika sedang cuti atau sedang berada diluar daerah.

Pada kesempatan ini Alpahmi  membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menyampaikan bahwa Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

“Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‘politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” sambungnya.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila,” tegasnya.

Usai upacara seluruh tenaga pendidik /kependidikan baik ASN maupun non ASN juga mengisi absen absen manual dan finger print. Dimana berkas tersebut akan dikirim berserta print out foto-toto kegiatan ke Kemenag Kabupaten untuk diteruskan ke Kemenag Pusat.

Tags :

bm
Created by: Info Publik News

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment

Redaksi Info Publik News

Redaksi Info Publik News