Kanwil Kemenag Kalsel Buka Manasik Haji Massal Jamaah HSU

Amuntai - Info Publik News. Kepala  Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, Drs.H.Noor Fahmi,MM menyampaikan bahwa kuota Haji Indonesia adalah terbanyak sedunia. "Ini adalah sebuah penghargaan khusus dari Pemerintah Saudi Arabia kepada Indonesia", tegas H.Noor Fahmi dihadapan 256 orang Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Hal tersebut disampaikannya saat pembukaan Manasik Haji Massal , Kamis (20/06/19) di ruang induk Mesjid Sabilal Muttaqin Amuntai.

H.Noor Fahmi juga menyampaikan bahwa  kuota Haji Kalsel sebanyak  3.811 orang sudah termasuk kouta tambahan 324 atau satu kloter dan berangkat  berdasar urut porsi yang telah mendaftar pada tahun 2010 yang artinya telah sabar menunggu selama 9 tahun.


Kepada para calon jamaah , H.Noor Fahmi juga mengungkapkan peraturan terbaru mengatakan bahwa setelah 10 tahun berangkat Haji baru bisa mendaftar lagi.  Sedangkan usia mendaftar minimal 12 tahun dan batasan usia lansia minimal 75 tahun.

Mantan Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kalsel ini  juga menyampaikan bahwa Pemerintah hanya melaksanakan dua ibadah haji yaitu Haji Reguler dan Haji Khusus. “Diluar itu bukan tanggung jawab pemerintah,” ingatnya sembari menambahkan bahwa standar minimal ibadah Umroh adalah Rp. 20 juta sehingga masyarakat perlu berhati-hati jika ada biro perjalanan yang menawarkan harga dibawah nilai tersebut.

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag HSU Drs.H.Yusran,MM menyampaikan bahwa jamaah HSU tergabung dalam kloter 6 Embarkasi Banjarmasin terdiri 103 laki-laki dan 153 perempuan.

“Adapun nilai pelunasan BPIH sebesar Rp.37.885.084,- ,” ungkap beliau.

H.Yusran juga merinci asal kecamatan domisili jamaah  yakni Haur Gading (19), Amuntai Utara (30 orang) , Amuntai Tengah (88) , Amuntai Selatan (24), Sei Pandan (28), Sei Tabukan (31), Banjang (6) , Babirik (12) , Danau Panggang (15)  dan Paminggir (3).

“Sedangkan jamaah termuda adalah Nelly Anderani Mahrudi berusia 20 tahun asal kecamatan Amuntai Utara dan jamaah tertua berusia 95 tahun yakni Hadijah Dullah Tanda dari kecamatan Paminggir,” ucap H.Yusran.

Pada kesempatan ini beliau juga menyampaikan bahwa Petugas  TPHI adalah  Drs.Alpahmi , TPIHI ; H.Tamjidillah , TPHD ; Islamiyah Dewi Yunianti dan Ahmad Khairurraji Syahrani  sedangkan Petugas Kesehatan sebanyak orang yakni Dr.Rian Maulana , Akhmad Syaifullah dan Rena Rasyidah. 

Sumber : Latiful Humas Kemenag HSU
Editor : MY

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kanwil Kemenag Kalsel Buka Manasik Haji Massal Jamaah HSU"

Post a Comment