-->

Babinsan Koramil 1001-08 Sungai Pandan Ikut Penggropyokan Hama Tikus bersama Poktan


Pembasmian Hama Tikus bersama unsur TNI 



IPN- Amuntai - Mulawarman Peduli - Cuaca siang yang cerah hari ini (Jumat 14/6) warga di masyarakat Desa Tambalang Kecil Kecamatan Sungai Pandan yang  tergabung dalam Kelompok Tani Mawar 1, 2 dan 3.

Yang diketuai Poktan Mawar 1 Hastani, Mawar 2 Bahru dan Mawar 3 Mulyono masing dengan anggota 25 orang perkelompok melaksanakan penggropyokan hama Tikus yang pada musim tanam kedua yang berbahaya bagi tanaman petani.

Kepala Pengamat  Hama Kecamatan Sungai Pandan H Ahmad Fauzi menyampaikan pada kelompok tani sebelum pelaksanaan pembasmian atau penggropyokan hama tikus ada beberapa cara yaitu dengan Tiran dan Ratgon.

"Metode  Tiran menggunakan alat dan dibakar keluar  asapnya kemudian dimasukan ke dalam lobang tikus. Sementara Rat gon bentuknya seperti permen diletakan di lobang tikus dengan kedua cara tersebut tikus akan mati di dalam lobang persembunyianya," terangnya.

Sementara itu, Mantri Tani Nihmatun SP. MP  menyampaikan pada kelompok tani di samping mampu mebasmi hama tikus dengan obat obatan juga beliau menghimbau agar d sekitar tanaman padi atau galengan harus dibersihkan harus dan dirawat sehingga tidak ada sampah rumput sampah daun yang bisa untuk tempat persembunyian tikus.

Babinsa koramil 1001-08/ Sei pandan  Serda M Saidi begitu mendapat laporan dari salah satu anggota kelompok tani langsung bergegas menuju lokasi penggropyokan tikus di Desa Tambalang kecil dengan mengajak rekan sesama Babinsa  yang lain.

Setelah sesampainya di tempat sasaran Serda M Saidi langsung bergabung dengan kelompok tani  membantu penggropyokan tikus d Desa binaan itu. "Hama tikus ini harus d basmi d lobang lobang persembunyian dengan tuntas karena bila tdk tuntas nanti para petani akan merugi karena hasil panen nya tidak maksimal bahkan bisa tidak panen karena habis dimakan tikus," sampainya.

Dengan kegiatan membantu petani  pembasmian hama tikus itu salah satu kewajiban Babinsa melaksanakan tugasnya yaitu membantu mengatasi kesulitan rakyat  sehingga hubungan TNI dengan Rakyat selalu terjalin dengan baik, tandasnya.

Tidak lupa Ketua Poktan Hastani mewakili rekan rekan petani mengucapkan terima kasih pada Babinsa dan TNI dari Koramil 1001-08 Sungai Pandan yang telah membantu pembasmian hama tikus. "Tikus ini sangat merugikan petani bila tidak dibasmi tikus akan memakan tanaman padi hingga habis. Bahkan bisa tidak panen," sampainya. (*)


Sumber : Koramil 08 Sungai Pandan
Editor : Bai

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment

Redaksi Info Publik News

Redaksi Info Publik News