Notification

×

Iklan

Iklan

Ulama, Warga dan Bupati HSU Ikut Shalat Kifayah Almarhum KH Hamdan Khalid

Monday, May 27, 2019 | 27 May WIB Last Updated 2019-05-28T01:02:40Z


Shalat Kifayah Almarhum KH Hamdan Khalid 


IPN - Amuntai - Innalillah, berita duka datang dari Kabupaten HSU, telah berpulang kerahmatullah Ulama Sepuh KH. Hamdan Khalid. Lc, Dewan Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HSU.

Almarhum wafat di usia 83 tahun, meninggal sekitar pukul 05.30 Wita Senin, 27 Mei 2019 setelah mendapat perawatan di rumah sakit Pembalah Batung Amuntai, dan di Semayamkan di rumah duka di Desa Tangga Ulin Kecamatan Amuntai Tengah.

KH. Hamdan Khalid adalah putra bungsu dari Syekh KH. Muhammad Khalid, lahir di Amuntai, 10 Januari 1936. Sewaktu kecil beliau bersekolah di SR As-Salam Martapura, dan terus masuk Ponpes “Darussalam” Martapura pada tahun 1956.

 Pada tahun 1962 menimba ilmu pada ‘Ulya Al-Azhar, kemudian melanjutkan ke Fakultas Syari’ah Universitas al-Azhar Kairo Mesir tahun 1965, dan Dirasah Ulya Tarikh fi Uly tahun 1966.

Beliau pernah menjadi Dosen pada fakultas Ushuluddin di Amuntai (1967), Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari (1977-1983), Kepala Madrasah Aliyah Normal islam Puteri Rakha (1948-1952), menjabat sebagai Hakim Agung pada kantor Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Agama Amuntai (1986-1997), Anggota Dewan Pembina Ponpes Rakha (2012-2017), Ketua Baznas Kabupaten HSU, Ketua MUI kab. HSU, dan kemudian menjadi Ketua  Dewan pertimbangan Fatwa MUI Kab. HSU, dan lain-lain.

KH. Hamdan Khalid juga rutin mengisi pengajian di Majelis Taklim “Al-Khalidiyah” Tangga Ulin dan “al-Ma’arif” Amuntai. KH. Hamdan termasuk ulama yang gigih memberantas sekaligus meluruskan aliran-aliran yang menyimpang dari  ajaran islam yang sebenarnya. Diantara kitab atau risalah yang berkaitan dengan hal tersebut, yang ditulis oleh beliau adalah : “Agenda Khusus Dialog Kitab Ad-Durun Nafis”.

Sehabis sholat zhuhur, Jenazah KH. Hamdan Khalid langsung dibawa ke Langgar Nurul Iman untuk disholatkan, dan langsung dikebumikan di makam keluarga Kh. M. Khalid desa Tangga Ulin.

Turut hadir dalam proses pemakaman Bupati HSU H. Abdul Wahid Hk beserta jajaran, Kaporles HSU, Forkopimda HSU, Keluarga Besar MUI HSU, Ketua Drpd HSU, tokoh agama, keluarga duka serta ratusan warga HSU.

Ketua MUI HSU H. Said Masrawan Lc, mengucapkan duka cita atas meninggalnya Ketua Dewan Penimbang MUI HSU Kh. M. Hamdan Khalid, semoga amal yang diperbuat beliau semasa hidup di terima oleh Allah SWT. (*)


Sumber : Diskominfo HSU
Editor : Bai


×
Berita Terbaru Update