-->

Ketua PKK HSU Hj Anisah Wahid, Sambut Baik Kerjasama BRG dalam Pelatihan Ayaman dan Sasirangan


Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid tengah saat foto bersama dengan BRG dan peserta pelatihan 


IPN Amuntai - Kabupaten Hulu Sungai Utara terpilih sebagai tempat lokalatih pengembangan kerajinan anyaman purun dan kain sasirangan alami Selasa, 21 Mei 2019. Tempat yang dipilih Badan Restorasi Gambut (BRG) RI untuk lokalatih kali ini bertempat di Kabupaten Hulu Sungai Utara tepatnya di Desa Darussalam Kecamatan Danau Panggang.

Pelatihan ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan Gambut. Dalam acara Lokalatih Pengembangan Kerajinan Anyaman dan Kain Sasirangan Alami ini diikuti oleh sekitar 28 orang yang di antaranya ibu-ibu dari Batola, Hulu Sungai Selatan dan juga Hulu Sungai Utara serta anak-anak dari SMK.

Badan Restorasi Gambut (BRG) RI, Apriyanto mengatakan, Desa Darussalam tersebut dipilih menjadi tempat lokalatih karena potensi yang sangat besar sekali terkait dengan serat alam (purun, rotan dan eceng gondok).
"Di desa ini sudah terdapat beberapa kerajinan yang baik namun ingin ditingkatkan lagi agar produk di desa ini dapat mempunyai nilai yang lebih tinggi"

Selain itu juga dengan mendatangkan beberapa pelatih yang sudah biasa mengajarkan terkait dengan serat alam atau pewarna alami untuk para pengrajin di desa tersebut agar menggunakan pewarna alami atau serat alam.

Ketua Tim Penggerak PKK Kab. HSU, Hj. Anisah Rasyidah Wahid M.AP. menambahkan, dalam pembuatan kain sasirangan agar tidak terikat lagi dari bahan kimia maka para pengrajin di ajarkan agar bisa memanfaatkan bahan - bahan di sekitar atau yang disebut bahan alami.

Anisah berharap dalam pelatihan ini agar masyarakat lebih bagus lagi dan kualitas produknya lebih meningkat lagi karena ini akan mengangkat ekonomi masyarakat baik di tingkat nasional maupun internasional. (*)


Sumber : Diskominfo HSU
Editor : Abai

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment

Redaksi Info Publik News

Redaksi Info Publik News