-->

Bupati HSU, Nilai Pasar Ramadhan Wujud Kepedulian Pemda Terhadap Ketersediaan Menu Berbuka Warga

Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid didampingi Bupati H Abdul Wahid HK, Wabup H Husairi Abdi Lc dan Ketua DPRD H Sahrujani. 



IPN-AMUNTAI - Pembukaan Pasar Ramadhan secara resmi di buka oleh Bupati Hulu Sungai Utara(HSU) yang di gelar di Jalan Basuki Rahmat Samping Taman Putri Junjung Buih Amuntai.

Selain Bupati Hulu Sungai Utara beserta istri turut berhadir juga para pejabat Forkopimda dan perwakilan Kapolres HSU serta perwakilan Dandim dalam pembukaan pasar Ramadhan tersebut.

Dalam sambutannya Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M. Si menyampaikan "Dalam momen ini,saya ingin mengajak kita semua yang hadir dan seluruh warga masyarakat, untuk menyambut datangnya bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini dengan mepersiapkan diri sebaik-baiknya.

Marilah kita saling maaf memaafkan untuk mebersihkan jiwa kita dari segala dosa dan kesalahan, serta saling menjaga kerukunan dan tali silaturahmi agar daerah kita tetap dalam situasi dan kondisi yang aman dan kondusif, sehingga kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan penuh ketenangan dan kekhusuyukan.


Beragam Jajanan dan takjil

Saya juga tentunya menyambut baik kegiatan pasar ramadhan yang merupakan agenda rutin dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1140 H. Pasar ramadhan ini merupakan tradisi yang sangat positif, disamping untuk memenuhi keperluan kaum muslimin dalam menyediakan menu berbuka puasa, selain itu produk-produk yang diperdagangkan kiranya juga dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap kuliner,khususnya kuliner khas Hulu Sungai Utara.

Beliau juga menambahkan "Pemerintah daerah akan selalu berusaha dan berupaya untuk meningkatkan penyelenggaran acara pasar ramadhan ini setiap tahunnya. Pasar ramadhan sebagai bentuk kepedulian pemerintah bagi umat muslim dalam hal menyiapkan menu berbuka puasa, termasuk juga mengakomodasi para pedagang khususnya para pelaku UKM, kepada para pedagang saya berharap agar tetap menjaga kebersihan dilingkungan pasar ramadhan ini. Dan yang lebih penting saya minta kepada para pedagang agar tetap mematuhi aturan jam buka yang sudah diatur oleh pemerintah daerah.

Selain itu beliau juga mengajak masyarakat HSU untuk memuliakan dan memakmurkan masjid dan langgar dengan berbuka puasa bersama, memjalankan ibadah terawih dan tadarus Al-Quran "marilah kita luruskan dan kuatkan niat untuk memanfaatkan bulan ramadhan tahun ini jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya."

Pada hari pertama pembukaan Pasar Ramadhan, terlihat antusias warga untuk berbelanja, berbagai menu untuk berbuka tersedia dari Lauk pauk, kue, hingga minuman segar.

Melihat antusias warga dalam berbelanja Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M. AP dalam wawancaranya mengatakan " dengan adanya pasar ramadhan dapat memperkenalkan makanan-makanan tradisional yang jarang ada diwarung-warung biasa misalnya seperti Cingkaruk, Gaguduh Banyalam, Gagatas dan lain-lain. Sehingga perlu dilestarikan agar generasi-generasi muda mengenal kue-kue atau wadai tradisional tersebut."

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, koperasi dan Usaha Kecil Menengah Drs. H. Akhmad Redhani Effendi mengatakan "sebanyak 25 lapak yang menempati 45 lapak jadi sebagian besar pedagang ada yang menempati 2 lapak."

Beliau juga mengatakan telah menyediakan lokasi yang aman dan nyaman untuk lokasi parkir gratis bagi pengunjung baik pengunjung yang datang dari Amuntai maupun luar Amuntai. Selain itu Dinas Perhubungan juga turut membantu untuk pengamanan jalur. Untuk mulainya berjualan telah ditetapkan dari jam 14.00 WIB sampai menjelang buka puasa. Beliau berharap para pedagang dapat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. (*)

Sumber : Diskominfo HSU
Editor : Abai

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment