Notification

×

Iklan

Iklan

Hadiri GERMAS Banjang, Bupati HSU Sampaikan Jaminan Kesehatan Semesta yang Gratis

Sunday, April 07, 2019 | 07 April WIB Last Updated 2019-04-07T04:22:50Z


Baju kaos orange merupakan bapak Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat ikut senam sehat GERMAS Banjang




- Melalui Germas, Masyarakat Diajak Sadari Pentingnya Hidup Sehat

IPN - AMUNTAI - Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya  perilaku hidup sehat menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Oleh karena itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus dikampanyekan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten.

Seperti kampanye Germas yang dilaksanakan di Kecamatan Banjang, Sabtu pagi (6/4). Melalui kegiatan senam bersama, masyarakat diajak untuk menyadari pentingnya kesehatan. Di samping itu, juga disediakan layanan cek kesehatan secara gratis, seperti cek tekanan darah dan kimia darah.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan H. Danu Fotohena mengatakan, Germas yang merupakan program nasional tersebut bertujuan untuk menuju masyarakat yang sehat melalui gerak atau olahraga serta makan makanan yang bergizi dan seimbang.

"Karena selama ini masyarakat kita masih banyak yang belum mengerti atau sadar apa itu makanan bergizi dan seimbang serta perlunya gerak atau olahraga. Padahal di samping cukup asupan gizi, kita juga perlu gerak, dan ini yang sering diabaikan oleh masyarakat kita," ungkapnya.



Danu menambahkan, berdasarkan hasil survei, masyarakat khususnya para pekerja kebanyakan memandang tidak perlu lagi berolahraga karena sudah melakukan aktivitas fisik hampir setiap hari, namun sayangnya mereka masih mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak bagus untuk kesehatan di sela-sela pekerjaannya, seperti minum minuman energi secara berlebihan dengan anggapan sudah memenuhi gizi seharian walau tanpa makan.

"Pola pikir dan pola hidup masyarakat yang seperti ini yang harus diubah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, Germas juga bertujuan untuk menekan penyakit tidak menular serta perilaku tidak sehat seperti kebiasaan merokok.

"Kesadaran masyarakat masih rendah, sehingga kedepannya masih akan dilaksanakan kampanye Germas di tempat lainnya. Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat lebih memahami dan menyadari pentingnya kesehatan," tandasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan seiring Hari Aktivitas Dunia tanggal 6 April dan Hari Kesehatan Dunia tanggal 7 April.

Dalam kesempatan itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan tentang pelayanan kesehatan semesta, yaitu pelayanan kesehatan gratis melalui BPJS yang dibayarkan oleh pemerintah. Melalui pelayanan kesehatan semesta, Wahid berharap seluruh lapisan masyarakat akan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan yang layak.

Bersama masyarakat, tampak hadir Bupati HSU H. Abdul Wahid HK, Camat Banjang H. Rusmadi Juriani, Anggota DPRD, beberapa perwakilan SKPD, dan Ketua KNPI HSU Almien Ashar Safari.

Camat Banjang H. Rusmadi Juriani mengapresiasi masyarakat yang ikut berpartisipasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Ketua KNPI yang turut mensukseskan kegiatan ini dengan memberikan hadiah untuk masyarakat.(*
)


Sumber : Humpro dan Dikominfo HSU
Editor : Abai


×
Berita Terbaru Update