Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Menkes, Bupati HSU Berani Bocorkan Kiat Turunkan Stunting di Daerahnya

Tuesday, March 05, 2019 | 05 March WIB Last Updated 2019-03-05T05:05:58Z


Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat berbincang hangat dengan Menkes RI  Dr Nila





IPN - Amuntai - Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menghadiri rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel 4-7 Maret 2019 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.Rakerkesda 2019 mengambil tema "Kolaborasi kebijkan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan sehat" dibuka langsung Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.
Selain dihadiri Gubenur, Bupati/Walikota se Kalsel, Kepala Dinas Kesehatan se Kalsel dan sejumlah tamu undangan lainnya, kegiatan ini juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Ibu Nila Moeloek.


Pada kegiatan itu, dilakukan penandatangan komitmen bersama Kolaborasi kebijkan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan sehat oleh Gubernur Kalsel, Bupati HSU, Balangan, Batola dan HSS.
Di saat yang sama Bupati Wahid juga diminta menjadi narasumber dengan materi AKI, AKB dan Stunting. Dalam pemaparannya Bupati Wahid mengatakan AKI 2012 paling tinggi di Kalsel dengan 18 kasus dan di 2018 menjadi 5 kasus.
Sementara untuk masalah stunting di HSU juga mengalami penurunan dari 56 persen di 2013 menjadi 39,9 persen di tahun 2018. Keberhasilan ini tidak terlepas dari strategi dan kebijakan yang diambil bupati HSU dalam menurunkan AKB, AKI dan Stunting.
Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengingatkan agar masyarakat terus menggelorakan semangat untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kalsel, hala ini bisa dimulai dengan memberi makanan yang sehat dan bergizi kepada anak-anak kita untuk masa depan mereka.
Menurut gubernur yang akrab disapa Paman  Birin, makanan yang sehat dan bergizi tidak harus mahal, karenanya hal ini bisa diusahakan agar generasi yang akan datang mampu bersaing dengan bangsa bangsa lain.
Selain itu, paman Birin birin juga mengajak kepada masyarakat agar bisa membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mendukung terwujudnya masyarakat Kalsel sehat. (*)


Penulis : Ahim Humpro dan Dikominfo HSU
Editor : Abai


×
Berita Terbaru Update