Wabup HSU Membuka Resmi Audit Kearsipan bagi SKPD Digelar Dispersip


Wabup H Husairi Abdi lima dari kiri atas saat momen foto bersama dengan SKPD.



IPN - Amuntai -  Bertempat di Mess Negara Dipa yang dihadiri Wakil Bupati, Kepala Pusat Akredetasi Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia,Asisten 1, 2, dan 3 kab HSU, Ketua TP PKK dan wakikwak, dan seluruhKep SKPD, dan Camat Se Kabupaten Hulu Sungai Utara(19/2)

Dalam kegiatan Sosialisasi Audit Kearsipan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjabarkan materi dari kegiatan meliputi kebijakan pelaksanaan pengawasan kearsipan, proses pengawasan kearsipan eksternal dan pengawasan internal, tim pengawasan kearsipan, dasar hukum pelaksanaan pengawasan audit kearsipan, pernecanaan program pengawasan kearsipan, dan monitoring serta tindak lanjut hasil pengawasan kearsipan.

Beliau juga menyampaikan beberapa upaya persiapan dalam Pengawasan Kearsipan Audit Internal yang baru dimulai tahun 2019 ini yaitu yang pertama adalah tahap perencanaan telah menyiapkan SDM dengan mengikutsertakan pejabat atau staf dibidang kearsipan untuk mengikuti bimbingan pengawasan dan audit kearsiapan, melaksanakan bimbingan tehnik pengawasan audit kearsipan bagi pengelola arsip tiap SKPD pada bulan November 2019, serta membentuk tim pengawasan internal.

Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan yaitu akan dimulai bulan April- Juni 2019 dengan sasaran masing-masing bidang dan sekretaris yaitu pejabat Eselon III pada tiap-tiap SKPD.

Keberadaan sebuah Arsip bukanlah merupakan suatu hal yang diciptakan secara khusus, akan tetapi arsip lahir secara otomatis sebagai has proses pelaksanaan tugas oleh instansu pemerintah serta sebagai bukti pelaksanaan kegiatan administratif yang merupakan rekaman informasi yang tersebar dalam berbagai media.

"Kehadiran arsip sebenarnya merupakan bukti berfungsinya kegiatan pemerintah, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta sekaligus merupakan endapan informasi berbagai kegiatan dan kebijakan yang telah dilaksanakan oleh instansi bersangkutan sehingga harus di kelola secara khusus dengan petugas yg terlatih juga." Ungkap H.Husairi Abdi, Lc selaku Wakil Bupati Hulu Sungai Utara

Sementara itu, Rudi Anton.SH.MH kepala pusat akredetasi kearsipan arsip nasional mengatakana tujuan sosialisasi ini untuk HSU kedoeanked bisa melakukan pengawasan internal terhadap penyelenggaraan kearsipan di lingkungan kabupaten HSU sendiri, diharapkan dengan penyelenggaraan pengawasan internal kita akan bisa melihat kondisi real penyelengaraan kearsipan di kab hSU itu yang pertama.

"Kedua kita juga bisa mendorong perbaikan atau perubahan penyelengaraan kearsipan menuju arah kesempurnaan sehingga ketika hsu diaudit penyelenggaraan kearsipan oleh tingkat desa melalui audit eksternal kab hsu juga bisa mempersiapkan dengan baik sehingga tujuan kita untuk hsu penyelengaaraan kearsipan yang lebih tertip dimasa masa yg akan datang bisa kita wujudkan dan bisa mencapai nilai yang terbaik sehingga bisa bersaing dengan kabupaten kota lainnya di seluruh Indonesia.

Saat ini udah dalam posisi yg baik, nilai audit nya sudah baik tapi kita berharap bisa nilai nya bisa lebih baik lagi yaitu sangat baik. "Kita berharap dengan pertemuan ini karena yg hadir juga kepala dinas kita harap bisa mendorong kab HSU ke arah sebagai kab percontohan tertip arsip. Semoga masing masing SKPD akan memulai menata arsipnya sesuai dengan ketentuan peraturan yg berlaku dengan berbasis IT/ TIK" harapnya.

Kegiatan sosialisasi di akhiri dengan penyerahan pandel kenang-kenangan dari Bupati Hulu Sungai Utara yang diwakili oleh wakil bupati kepada Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia dan dari Arsip Nasional Republik Indonesia kepada Bupati Hulu Sungai Utara. (*)

Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wabup HSU Membuka Resmi Audit Kearsipan bagi SKPD Digelar Dispersip"

Post a Comment