Notification

×

Iklan

Iklan

Masuk Nominator Lomba Sekolah Sehat Nasional, Kadisdik HSU Pimpin Rakor Persiapan

Friday, February 01, 2019 | 01 February WIB Last Updated 2019-02-01T08:39:45Z


Kadisdik HSU H Rahmat saat memimpin rakor lintas dinas Tim Lomba Sekolah Sehat




IPN- AMUNTAI, Menjelang penilaian lomba sekolah sehat tingkat Nasional tahun 2019 yang diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan Maret-April mendatang, segala persiapan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 9 Hulu Sungai Utara (HSU) yang mewakili Kabupaten HSU dan provinsi Kalimantan Selatan diharapkan maksimal.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Pendidikan HSU H. Rahmat usai beberapa waktu sebelumnya menggelar rapat kordinasi bersama beberapa instansi terkait guna persiapan penilaian lomba sekolah sehat tingkat nasional bagi MIN 9  Hulu Sungai Utara.Jumat (1/2)

Dikatakannya, Seperti yang diketahui untuk tahun 2019 salah satu sekolah yang mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara dan provinsi Kalimantan Selatan dalam lomba sekolah sehat tingkat Nasional yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 HSU Desa Harus kecamatan Amuntai Tengah.

Pembinaan sekolah sehat MIN 9 HSU sendiri akan dibina kembali tidak hanya dari puskesmas Sungai Malang selaku ledeng sektor kecamatan, akan tetapi dinas Kesehatan, Pendidikan, Kementrian Agama, Lingkungan Hidup dan dinas terkait lainnya akan terus melakukan monitoring perkembangan evaluasinya

Adapun yang menjadi fokus utama dalam pembinaan kali ini yaitu sarana prasarana, pembinaan pola hidup sehat disekolah, disekitar sekolah serta langkah-langkah yang diambil untuk menghadapi penilaian sekolah sehat tingkat nasional." Terang Rahmat

Dirinya menambahkan, Kendati beberapa poin perbaikan belum diambil keputusan nya, namun untuk poin penting tersebut sudah harus dapat dicatat dan dikoreksi terlebih dahulu, dan setelahnya dapat disampaikan kepada Wakil Bupati HSU selaku ketua pembinaan sekolah sehat Kabupaten Hulu Sungai Utara, baru dapat mengambil langkah pastinya." Terang Rahmat

Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah daerah sangat serius dan berkomitmen terhadap penilaian tahun ini karena sudah empat tahun berturut turut Kabupaten HSU selalu menjadi finalis untuk tingkat Nasional, yang terakhir tahun 2018 HSU meraih juara ke-2 ditingkat Nasional.

Rahmat mengakui, pembinaan yang dilakukan selama ini dengan pembinaan tahun sebelumnya tidak memiliki perbedaan yang banyak, karena fokus utama  pembinaan dalam tingkat Sekolah Dasar ataupun MI masih dalam kategori yang sama.

"Apakah itu SD, MI, SMP, Mata atau SMA,MA, yang penting sekolah tersebut sudah layak diikut sertakan, kami tidak membedakan antara sekolah dibawah pembinaan Kemenag ataupun Dinas Pendidikan, kedua-duanya memiliki hak yang sama." Kata Rahmat

Menurutnya, selama ini kunci kesuksesan Kabupaten Hulu Sungai Utara mengikuti berbagai kegiatan sekolah sehat tingkat provinsi atau Nasional tidak terlepas dari peranan dan dukungan pemerintah daerah terlebih dari SKPD terkait  dan organisasi-organisasi yang lain didalamnya.
Oleh karena itu kontribusi dari semuanya diharapkan seluruh pihak agar dapat terus meningkatkan kerjasama dalam hal lomba sekolah sehat ini.

"Karena bagaimanapun sebuah lomba sekolah sehat itu tidak akan bisa maksimal tanpa peranan dan partisipasi segala pihak termasuk peran kepala desa dan masyarakat dilingkungan sekolah, karena yang dinilai tidak hanya sekolah namun juga lingkungan disekitar sekolah mengenai pemahaman pola hidup sehat" Pungkasnya. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai


×
Berita Terbaru Update