Notification

×

Iklan

Iklan

Penyaluran Bansos, Kapolres dan Wabup HSU Vicon dengan Kapolri dan Mensos RI

Friday, January 11, 2019 | 11 January WIB Last Updated 2019-01-11T08:04:34Z





IPN-Amuntai-Wakil Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc menghadiri Video Conference (Vicon) bersama Kapolri dengan agenda penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Polri dan Kemensos tentang bantuan pengamanan dan penegakan hukum pada pelaksanaan penyaluran bantuan sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rupatama Polres HSU, Jum'at, 11 Januari 2019.

Turut menyaksikan vicon tersebut, Kapolres HSU. AKBP. Arif Sofian, S.Ik Kepala Dinas Sosial HSU H. Rizali Eswansyah, S.Sos beserta seluruh jajaran terkait.

Dalam Vicon tersebut menteri Sosial RI mengatakan anggaran bantuan sosial kembali ditingkatkan, total anggaran bantuan bantuan sosial tahun 2019 sebesar 54,3T. Tentunya ini disambut baik sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat tidak mampu di Indonesia.  Tentunya dalam mengemban amanah dan tugas penyampaian bantuan sosial ini membutuhkan kerjasama dari polri dalam meningkatkan keamanan dalam penyaluran bantuan.

Dari kiri Kadinsos H Rizaki Eswansya bersama Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan dan Wabup HSU H Husairi Abdi saat vicon Bansos 


Adapun dari pihak Polri sendiri mengaku siap membantu baik fisik maupun nonfisik dalam penyaluran bantuan ini kepada masyarakat. Dimulai dengan pembentukan satgas pengamanan bansos yang siap memberikan pengawalan pada saat penyaluran bantuan dan membantu pencegahan permasalahan hukum.

Menindaklanjuti Vicon tersebut wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc menangkap dari apa yang disampaikan baik dari Kapolri ataupun Menteri Sosial RI, hal ini tentunya membutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik dari kedua pihak. Sebab berkenaan dengan bantuan sosial ini sangat rawan terjadi kesenjangan sosial, terutama pada saat pembagian bantuan, ini perlu diantisipasi agar bantuan bisa tepat sasaran dan merata.

Kapolres HSU mengaku siap menurunkan personel untuk penyaluran bantuan sosial di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Polres HSU siap mengawal mulai dari pendataan sampai penyaluran bantuan sosial ini.

"Nanti kami juga akan membangun satgas bansos di Polres HSU seperti yang di laksanakan di Mabes Polri"

Adapun Kepala Dinas Sosial HSU H. Rizali Eswansyah, S.Sos mengaku telah mempersiapkan segalanya dengan baik. Semua bantuan baik dari pusat maupun daerah akan diserahkan pada masyarakat yang terdata di Basis Data Terpadu (BDT).

"Setiap penerima harus terdaftar di BDT, selain BDT dana tidak boleh disalurkan, kami terus memantau angka BDT di HSU dengan menurunkan petugas baik itu dari PKH, TKSK di setiap kecamatan di HSU yang mana mereka sendiri ditunjuk langsung  Kemensos melalui SK Menteri Sosial"

Rizali menambahkan, mulai 2019 ini juga, Untuk penerima bantuan rastra namanya nanti diganti dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan utk penyaluran bantuan menggunakan kartu KKS yang wujudnya seperti ATM dan fungsinya E-Walet (Dompet Elektronik) yang hanya bisa digunakan untuk membeli 2 jenis bahan berupa beras dan telor dan tidak bisa diuangkan dan hanya bisa digunakan pada warung yang telah ditunjuk oleh Himbara

"Saat ini kami sedang mengkoordinasikan dengan rekan PKH, TKSK dan Bank Mandiri untuk menetapkan titik E-Warung di tiap tiap desa yang nantinya untuk menyiapkan bahan kebutuhan," tutupnya. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai


×
Berita Terbaru Update