Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Sampai di Desa Karias Dalam. Bupati HSU Terjun Mendampingi Tim Provinsi



Bupati HSU H Abdul Wahid HK disaksikan Forkominda di Momen Pencanangan Hari Gerak PKK-KKBPK Kesehatan tahun 2018 di Desa Karias Dalam.


IPN -Amuntai- Kedatangan tim penilai Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) disambut antusias oleh puluhan kader Tim Penggerak PKK desa Karias Dalam Kecamatan Banjang. Rabu (12/12)

Kegiatan ini digelar dalam rangka Pencanangan Kesatuan Gerakan PKK-KKBPK Kesehatan Ke-46 dan Hari Keluarga Nasional Ke-27 sekaligus Penilaian Kesatuan Gerakan PKK-KKBPK Kesehatan tingkat provinsi Kalsel di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)

Acara peringatan sekaligus penilaian tersebut, disamping dihadiri oleh unsur Forkopimda, SKPD dilingkungan Pemkab HSU, Camat, para kades, Unsur muspika kecamatan, jajaran TP PKK kecamatan/desa dan masyarakat, juga dihadiri langsung Bupati HSU, ketua TP PKK HSU yang mendampingi langsung tim penilai Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan provinsi Kalsel.


Fokus melakukan penilaian.

Ketua TP PKK Kabupaten HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid dalam laporannya diacara tersebut mengatakan, gerakan PKK dengan 10 pokok programnya bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam rangka mensejahterakan keluarga, khususnya pada program ke 7,9 dan 10 dalam bidang kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat yang tertuang nyata dalam Pokja 2, 3 dan Pokja 4.

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka menyambut Pencanangan Kesatuan Gerakan PKK-KKBPK Kesehatan Ke-46 dan Hari Keluarga Nasional Ke-27 di kabupaten HSU dengan dukungan dan keterpaduan lintas sektor yang bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok dasawisma, PKK dan institusi KB Kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utamanya" terangnya. Selain itu, untuk pelayanan KB sebanyak 45 Implant / susuk dan 1 IUD/ spiral.

Anisah berharap melalui keterpaduan kegiatan tersebut, dapat mengurangi dampak krisis ekonomi dimasyarakat yang berdampak kepada menurunnya daya beli masyarakat, menurunnya status gizi dan kesehatan masyarakat khususnya anak dan balita dikalangan keluarga miskin tertinggal di kampung KB.

"Melalui kesatuan gerak PKK-KKBPK Kesehatan diharapkan dapat meringankan beban keluarga mereka dalam mendapatkan pelayanan KB Kesehatan." Harap Anisah.

Sementara itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya mengatakan, seiring dengan kegiatan ini diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen, kerjasama dan sinergitas dalam membangun keluarga sehat dan sejahtera melalui program KB Kesehatan dan program PKK guna mendukung HSU Mantap yaitu HSU yang maju, mandiri, sejahtera, agamis dan produktif.

Potensi unggulan


kesatuan gerak PKK-KKBPK Kesehatan merupakan salah satu program tim penggerak PKK, yang merupakan wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerak PKK, terutama dalam menyangkut 10 program kegiatannya, sehingga pencapaian target dan sasaran yang dituju dapat menjalin kerjasama dengan program kerja lintas sektor terkait lainnya.

Melalui 10 program pokok PKK, tentunya akan menjadi garda terdepan dalam pembangunan kependudukan keluarga berencana dan kesehatan di masyarakat sehingga menimbulkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya program KB Kesehatan bagi ibu dan anak." Terang Bupati Wahid.

Wahid kembali berharap, melalui kegiatan penilaian dan pencanangan kesatuan gerak PKK-KKBPK Kesehatan sekaligus peringatan Harganas ke-27 tingkat Kabupaten HSU dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas dengan beberapa program dari instansi lainnya, sehingga dapat mendorong semangat peranan wanita atau ibu dalam memperkuat pilar bangsa yakni keluarga yang sehat dan sejahtera." Pungkasnya.

Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid saat berbincang dengan masyarakat di momen Hari Gerak PKK-KKBPK Kesehatan


Dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan beberapa pertunjukan seperti pertunjukan seni tari, madihin oleh para kader, yelyel, serta senam kreasi dari para kader Genre HSU

Usai membukaan secara resmi kegiatan, dalam acara tersebut Bupati HSU juga berkesempatan memberikan hadiah secara simbolis kepada para pemenang berbagai lomba terkait kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK selama tahun 2018, serta meninjau langsung UPPKS dari berbagai kecamatan di HSU yang menyediakan berbagai produk olahan serta kerajinan khas daerahnya masing-masing. (*)

Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: