Innalillah "Aa Gym "Menjadi Korban Tsunami Banten


IPN - Banten. Puluhan  korban meninggal dunia akibat tsunami   kawasan pantai barat Provinsi Banten dan pantai selatan Provinsi Lampung  termasuk komedian Aa Jimmy (yang sering berdandan mirip pendakwah Aa Gym) dan  personel band Seventeen yang mengisi acara gathering PLN di pantai Banten.



Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB , Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya menyebutkan bahwa data dampak tsunami sampai dengan 23 Desember 2018 sampai pukul 10.00 WIB,  jumlah korban meninggal 62 orang ,  luka-luka 584 orang, hilang 20 orang. 

“Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam juga mengakibatkan  ratusan unit rumah rusak berat,” ungkap Sutopo. 


 
"Kemudian terdapat 430 unit rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, 10 kapal kapal rusak berat. Dan data ini akan terus bergerak naik," katanya.

Daerah yang terkena dampak paling parah adalah Kabupaten Pandeglang, yang terdiri atas kawasan wisata Pantai Carita, Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, dan Panimbang. BNPB hingga TNI tengah melakukan survei pemetaan dampak bencana.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan tsunami  kawasan pantai barat Provinsi Banten dan pantai selatan Provinsi Lampung diduga dipicu aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau.

"Tidak ada gejala seismisitas tektonik yang memicu tsunami sehingga setelah tadi berkoordinasi dengan Badan Geologi bahwa diduga akibat erupsi tersebut, baik kemungkinan bisa langsung atau secara tidak langsung memicu terjadinya tsunami," kata Kepala BMKG , Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers di Kantor BMKG, Jakarta ,  Minggu dini hari.

Menurut dia, terjadi aktivitas vulkanik berupa erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda pada sekitar pukul 21.03 WIB yang dipantau oleh Badan geologi.

Sementara itu, kondisi gelombang di Selat Sunda pada 21-25 Desember 2018 juga sedang mengalami gelombang tinggi karena bulan purnama.

Subscribe to receive free email updates: