Samsul Bawa Barito Memenangi Derby Papadaan

IPN – Banjarmasin. Gol tunggal Samsul Arif Munif membawa Barito Putera memenangi derby Papadaan atas Borneo Fc pada pekan 33 Liga 1  di stadion 17 Mei Banjarmasin , Jumat malam (30/11/2018). Pergerakannya dimenit 83 , disisi kiri pertahanan Borneo Fc berhasil menusuk ke kotak pinalti kemudian melepaskan tembakan keras berhasil mengoyak gawang Nadeo Agrawinata yang gagal menepis tidak sempurna.

Dengan hasil ini Barito Putera menjadi salah satu tim yang tak terkalahkan di kandang sendiri pada musim ini dan naik ke peringkat 7 klasemen Liga 1 2018 .  Pada laga terakhir nanti Barito Putera akan melawat ke "kandang" usiran Persib Bandung.  



Pada laga terakhir dikandang  ini,  Jacksen Thiago kembali menurunkan  duet Samsul Arif dan Marcel Sacramento dilini depan Barito untuk menggempur gawang Borneo Fc. Sementara Antonic Dejan  juga  menurunkan pemain-pemain terbaiknya seperti Titus Bonai, Matias Contoh dan Abrizal Umanailo dilini depan .

Permainan ketat ditunjukkan kedua tim di awal babak pertama. Permainan keras ditunjukkan tim tamu untuk meredam serangan Barito Putera. Sejumlah pelanggaran keras dari Borneo FC kerap terjadi khususnya di lini tengah dimana pada menit 15 , Ahmad Maulanan Putra mendapat kartu kuning usai melakukan pelanggaran keras.

Barito memperoleh peluang emas di menit 18,  Dauglas Packer dengan cerdik menyambut umpan dada Marcel Sacramento  dan lolos dari jebakan offside di sisi kanan kotak penalti Borneo FC, sukses melepaskan tendangan keras. Sayang tendangannya bisa ditepis kiper Borneo FC Nadeo Agrawinata.

Selanjutnya Barito Putera  cukup kesulitan menembus pertahanan Borneo FC.
Bahkan di pertengahan babak pertama seakan lini tengah Borneo FC yang bisa menguasai lapangan. Di menit 30 bek Barito Putera Rony Baroperay mengalami cedera dan harus diganti oleh Jajang Sukamara.

Pada menit 34 , sempat terjadi insiden antara Mattias Conti dan Douglas Packer saat dikotak pinalti Barito saat Borneo mendapat tendangan bebas. Kedua pemain tersebut langsung diberi hadiah kartu kuning.

Publik 17 Mei hampir bersorak ria saat dua peluang emas beruntun diperoleh Barito jelang laga babak pertama berakhir.

Sebuah  tendangan bebas terarah Douglas Packer bisa dimentahkan kiper Borneo FC , Nadeo Agrawinata kemudian bola muntah langsung disambar  Samsul Arif . Lagi-lagi dimentahkan Nadeo yang benar-benar tampil gemilang.

Hingga babak pertama usai, skor 0-0 bertahan.

Awal babak kedua Barito langsung tampil menekan .Menit 48, Rizky Pora melepaskan tendangan keras, sayang Nadeo sambil menjatuhkan badan berhasil menepis bola dan hanya melahirkan tendangan penjuru.

Menit 70 kembali Rizky Pora kembali melepaskan tembakan keras menyusur tanah, sayang hanya melebar beberapa centimeter dari gawang.

Borneo Fc mendapat peluang emas di menit 73 dimana Abdulrahman melepaskan tembakan keras dari luar kotak pinalti, tangkapan Muhammad Riyandi lepas tetapi bola keluar lapangan dan tendangan sudut. Semenit kemudian Dirga Lasut juga melepaskan tendangan jarak jauh, sayang bola tipis diatas gawang Muhammad Riyandi.

Samsul Arif memecah kebuntuan di menit 82, pergerakannya disisi kiri Borneo Fc kemudian melepaskan tembakan keras berhasil mengoyak gawang Nadeo Agrawinata dimana tepisannya tidak sempurna. 1-0 untuk Barito Putera.

Menit 84 Samsul kembali hampir mencetak gol kedua sayang  setelah gocekan cantiknya menipu beberapa pemain Borneo Fc , hanya bisa melepaskan tembakan pelan kearah gawang.

Injury time pertandingan makin panas.
Muhammad Riyandi membuat penyelamatan gemilang dengan mentip sundulan Sutan Sama.  Kemudian Rizky Pora yang lepas dengan mengecoh Diego Michel dan kiper gagal mencetak gol , padahal gawang sudah kosong melompong.



Subscribe to receive free email updates: