Notification

×

Iklan

Iklan

Plt Bupati HST Mendadak Sapa si Gadis di Desa Banua Jingah

Friday, November 02, 2018 | 02 November WIB Last Updated 2018-11-01T23:29:36Z
   


Plt Bupati HST H Ada Chairansyah baju hijau saat berbincang dengan petugas pelayanan di Desa Banua Jingah


IPN - Barabai- Akselerasi penguatan pemerintahan desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui strategi Sapa Si Gadis  (Satu Padu Sinergikan Gerakan Desa Kami Tersenyum) ternyata mampu mendorong  desa model untuk mengaplikasikan  sistem informasi dan pelayanan desa terpadu  secara online.

Hal ini dinyatakan  oleh Asisten Bidang Pemerintahan selaku reformer proyek Perubahan melalui Program Sapa Si Gadis disela-sela launching paket implementasi Sap Si Gadis baru-baru tadi oleh Plt Bupati HST H A Chairansyah di Desa Banua Jingah Kecamatan Barabai.

“Dengan demikian warga dapat langsung mengakses informasi untuk mendaftarkan diri guna medapatkan pelayanan administrasi dari kantor kepala desa. Sedangkan untuk tanda tangan masih harus ke kantor desa karena masih dalam tahap penyempurnaan program aplikasi” ujar Rafiq

Menurut Rafiq Sselain di Desa Banua Jingah, pelayanan publik terpadu dengan menggunakan system aplikasi secara online ini juga diterapkan pada tiga desa model lainnya yaitu, Bakapas, ,Mandingin dan Awang Besar. “Ke depan kita harapkan sistem pelayanan terpadu menggunakan system aplikasi secara online dapat diterapkan di desa-desa lainnya”sampainya.

Plt Bupati HST H A Chairansyah sendiri menyatakan bangga dengan adanya program Sapa Si Gadis yang digagas oleh Ainur Rafiq.
“Kita dukung penuh program Sapa Si Gadis karena akan dapat meningkatkan sinergitas dan optimalkan peran dan fungsi dari steakholder terkait dalam upaya mewujudakan desa yang lebih maju dan mandiri di HST” katanya.

Ada 7 (tujuh) paket implentasi yang diluncurkan melalui Program Sapa Si Gadis yaitu penguatan kapasitas Pembakal dan perangkat desa, penguatan kapasitas BPD, pembinaan BUMDes dan usaha masyarakat, penghijauan desa, Sistem Informasi dan Pelayanan Desa terpadu, pelayanan terpadu bernuansa islami dan desa berkah Asmaul Husna.

“Program Sapa Si Gadis bermanfaat membantu kelancaran perencanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemeritnahan desa serta meningkatkan kualitas” ujar Pembakal Desa Banua Jingah Khairani. (*)


Penulis : Ramadhan
Editor : Abai
Sumber : Humas HST
 


×
Berita Terbaru Update