Lagi Viral , Ayo Ke Riam Bajandik Barabai !

IPN – Barabai. Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang beribu kota di Barabai banyak menyimpan objek wisata alam yang eksotis. Suatu hal yang wajar, sebab Kabupaten ini berada di kaki pegunungan Meratus. Objek wisata Pagat Batu Benawa yang dikenal memiliki  jeram dan arus sungai jernih bening serta gunung batu dan goa  adalah salah satu tempat yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan terutama di hari libur.

Pelan tapi pasti, satu persatu lokasi wisata yang tersembunyi kini mulai dikelola masyarakat setempat dimana salah satunya adalah Sungai Wake atau yang dikenal dengan Riam Bajandik.

Riam Bajandik ternyata berlokasi tidak jauh (3 km dari Objek Wisata Pagat) dan masih satu aliran sungai dengan  objek wisata Pagat . Lokasi nya tidak disisi jalan kecamatan membuat Riam Bajandik terlambat untuk viral ditambah lagi harus melewati jalan desa dimana pada sisinya terhampar kebun karet. Namun seiring dengan pembangunan jalan dan cepatnya arus informasi di medsos , Riam Bajandik pun kita viral sehingga ramai dikunjungi wisata.


Keindahan sungai Riam Bajandik dengan aliran sungai  pegunungan Meratus yang surut , jernih dan bening jelas membuat wisatawan kagum, mengabadikan momen , berendam dan tidak mau cepat pulang. Perlu diingat keramahan masyarakat setempat + sedikit uang retribusi ala kadarnya untuk pengembangan kawasan ini menjadi lebih baik dan nyaman ke depan. 



Para warganet pun ramai mengunggah foto sekaligus promosi tentang keindahan Riam Bajandik. Seperti akun Rahmawati Laseri yang sering mempromosikan keindahan alam di bumi Murakata ini. “Sahabat...Yg belum punya tujuan tuk liburan, Silahkan kunjungi wisata alam kami.  RIAM BAJANDIK di Desa Baru Kec.Batu Benawa Kab.HST KalSel” tulis pegawai Puskesmas ini. 


Sedangkan  Sofia Wahyuni (karyawati BRI) seakan masih belum puas menikmati panorama sebelum berendam bersama keluarga. Hal ini terlihat pada  status medsosnya : “Kesorean k Riam Bajandik, kena baasa membawa baju ganti. Td sekedar ndak survey ja dulu @ Barabai, Kalimantan Selatan, Indonesia” .

Lokasi Sungai Wake atau Riam Bajandik

Objek wisata Sungai Wake atau yang dikenal dengan Riam Bajandik terletak di Desa Baru ( dulu  termasuk desa Wake sebelum dimekarkan ), Kecamatan Batu Benawa  , 10 km dari kota Barabai.

Dari objek Wisata Pagat  silahkan terus naik lurus dan pada simpang desa Haliau ( ada Masjid Al Izzah ) silahkan belok kanan kearah Water Park Baruh Bunga. Dari Baruh Bunga , Riam Bajandik hanya berjarak 600 meter .

Sekedar tambahan demi keamanan,  jika ingin mengunjungi objek wisata sungai di wilayah HST, faktor cuaca diperhatikan terutama jika hujan ada kemungkinan sungai akan meluap. 

(Editor : Info Publik News)

Subscribe to receive free email updates: