Kemendikbud RI Beri Kouta Pelatihan Tenaga Dapodik untuk Bimtek Aplikasi Tentang PAUD


Kadisdik HSU H Rahmat sebelah kanan saat bertukar cendera mata dengan instruktur pelatihan.


IPN - AMUNTAI - Ratusan tenaga atministrasi dan pendidik pengelola Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Paud-Dikmas ikuti bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Dapodik PAUD DIKMAS serta singkronisasi pemutahiran pendataan satuan Paud-Dikmas yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di Gedung Agung Pemkab HSU. Selasa. (6/11)

Perlu kita ketahui, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, merupakan bagian dari program perancanaan pendidikan nasional bersifat tunggal, terpadu, terpusat, online dalam waktu nyata serta dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Oleh karenanya, Kegiatan ini sangat lah penting dikembangkan agar menambah pengetahuan kepada para pengelola data di setiap masing masing lembaga pendidikan khususnya Paud-Dikmas

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kasi pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dispendik HSU Basuki Rahman dalam laporannya pada pembukaan kegiatan tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan bimtek pengelolaan Dipodik Paud-Dikmas ini merupakan salah satu kegiatan yang dimaksudkan untuk memajukan dunia pendidikan yang berdasarkan kepada UU nomor 20 tahun 2013 tentang sistem pendidikan nasional, Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2015 tentang standar pendidikan nasional, serta peraturan Mendikbud nomor 79 tahun 2015 tentang Dapodik.

Adapun tujuan kegiatan ini diantaranya adalah pendataan dan pengelolaan data pada satuan pendidikan, pendayagunaan dan pelayanan panda data informasi pendidikan dilembaga pendidikan, dalam rangka perencanaan dan evaluasi pengelolaan sistem informasi pendataan pada bidang Paud-Dikmas, serta menambah pengetahuan kepada para pengelola data ditiap masing masing lembaga pendidikan." Terang Basuki

Ia juga bersyukur, karena kabupaten/kota satu satunya yang ada di Kalsel yang saat ini memperoleh porsi langsung Bintek oleh operator nasional Mendikbud RI hanyalah kabupaten HSU.



Berdoa sebelum kegiatan


Dirinya menambahkan, dikarenakan jumlah peserta sebanyak 360 orang oleh karenanya kegiatan ini digelar selama dua tahap, selama dua hari 6 dan 7 November 2018.

Sementara itu, Kepada Dinas Pendidikan HSU H. Rahmat dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbud RI yang telah menunjuk dan memberikan kepercayaan kepada HSU untuk mendapatkan bimbingan langsung dari petugas teknis aplikasi Dapodik Paud-Dikmas melalui Bapak Danu Prayoga.

Dikatakanya, kehadiran teknologi yang semakin maju yang memudahkan pekerjaan sekarang ini, melalui data itulah yang dapat kita buat perencanaan, karena selama sesuatu harus berpijak kepada sumber data yang akurat, kongkrit dan uptude sehingga segala pengambilan keputusan dapat sesuai, tepat dan efektif dengan perencanaannya.

"Pendidikan usia dini oleh pemerintah sekarang sudah menjadi setara dengan jenjang pendidikan lainnya di Indonesia, oleh karenanya pendidikan usia dini saat ini mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah." Katanya.

Rahmat berharap para peserta Bintek yang notabene merupakan petugas pengelola administrasi sekolah dan sebagainya lagi sekaligus tenaga pengajar dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama serta penuh perhatian agar kabupaten Hulu Sungai Utara melalui pendataan Dipodik bisa baik, lancar serta tidak ada kendala teknis lainnya sebagainya kedepan." Pungkasnya.

Adapun acara bintek yang digelar kali ini kedatangan Nara sumber Danu Prayoga selaku operator aplikasi Dapodik Paud Dikmas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang tentunya memberikan materi mengenai pengelolaan Dapodik kepada para peserta yang terdiri dari pengelola administrasi pendataan satuan PAUD (TK/KB/TPA/SPS) dan Dikmas (PNF /SKB/LKP/PKBM) se Kabupaten HSU. (*)


Sumber Dikominfo
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: