Timnas Indonesia Harus Puas Bermain Imbang

IPN - Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 melawan  Hong Kong dalam pertandingan uji coba Internasional di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (16/10/2018) malam . Pada partai yang berlangsung ketat dan saling bermain terbuka , fans Garuda  bersorak lebih awal ketika Beto Goncalvez  mencatatkan namanya di papan skor untuk usai menyambut umpan silang I Putu Gede.  Sundulan Beto mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Hong Kong. Anak asuhan Bima Sakti pun unggul 1-0 atas Hong Kong. Namun, Hong Kong yang banyak diisi pemain naturalisasi mampu menyamakan kedudukan di babak kedua lewat Festus Baise.

Jalan pertandingan
Peluang pertama Timnas Indonesia tercipta di menit 11', berawal dari serangan di sisi kanan oleh Irfan Jaya, pemian Persebaya itupun memberikan bola kepada Beto yang terlepas dari kawalan di kotak penalti dan mencoba melapaskan tembakan, namun sayang bola masih melambung tinggi. 
Semenit berselang, Hong Kong mencoba merespon lewat umpan silang yang dilesatkan Russell, bola mengarah kepada Nakamura yang kembali melambungkan bola ke tiang jauh, beruntung Tong gagal memaksimalkan umpan itu.

Peluang emas berhasil didapatkan Timnas Indonesia, menit 18' melalui sepakan bebas Lilipaly. Sayang bola masih mengenai pagar betis dan berubah arah.  
Terus menekan, Timnas Indonesia akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit 39. Berawal dari umpan silang Putu Gede yang mengarah sempurna ke kotak penalti, Beto yang berhasil mengungguli dua pemain belakang Hongkong langsung menanduk bola dan gagal dihentikan kiper Hong Kong. 

Selepas gol yang diciptakan Timnas Indonesia, Hong Kong mencoba bangkit di sisa-sisa menit babak pertama. Beruntung M.Ridho sigap di bawah mistar gawang dengan menepis dua peluang emas Hong Kong. Tak ada gol yang tercipta di akhir babak pertama, dan membuat Timnas Indonesia masuk ruang ganti dengan keunggulan 1-0.

Memulai babak kedua Timnas Indonesia yang telah unggul tak mengendurkan permainan dan masih menguasai laga sejak peluit dibunyikan. Bahkan baru semenit laga berjalan, dua peluang berhasil dibuat Evan Dimas dan kolega. Peluang pertama berawal dari pergerakan Irfan Jaya yang mengirimkan bola kepada Evan Dimas, sayang tembakan punggawa Selangor FA tersebut berhasil diamankan Yapp dengan mudah. 
Beto Gonzalves dan Rizky Pora ditarik keluar. Beto digantIkan Septian David dan Rizky digantikan Abduh Lestaluhu pada menit ke-59.

Hong Kong beberapa kali mencoba melakukan serangan balik. Tapi, M. Ridho tampil cemerlang di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Pada menit ke-63, M. Ridho melakukan penyelamatan saat sundulan Da Silva masih bisa dia amankan. 

Hong Kong menekan tuan rumah lewat permainan bola-bola atas memanfaatkan postur tinggi mereka. Akhirnya, gawang Timnas Indonesia kebobolan pada menit kr-69 sehingga skor menjadi 1-1.
Festus Baise menyambar bola dengan kepalanya usai menerima umpan Leonardo. Bola mengenai mistar Timnas Indonesia, tapi melewat garis gawang dan dianggap gol. 
 
Andik Vermansah dan Bayu Pradana masuk pada menit ke-73. Andik menggantikan Febri Hariyadi dan Bayu gantikan Zulfiandi.

Mampu disamakan, Timnas Indonesia mencoba bangkit. Umpan daerah Andik berhasil dikuasai Irfan Jaya yang lantas memberikan umpan silang mendatar ke tiang jauh. Namun penyerang Bali United tersebut gagal meneruskan bola ke gawang kosong. Jelang laga berakhir, kedua tim saling jual beli serangan. 
Andik Vermansyah yang mendapat umpan panjang melepaskan tendagan, namun masih melebar tipis dari gawang Hongkong.

Hong Kong pun memiliki peluang serupa, berawal dari sepakaan sudut tandukan N.H. Leung yang berdiri tanpa kawalan masih melebar ke sisi gawang. Stefano Lilipaly ditarik ke luar digantikan Dedik Setiawan pada menit ke-92. 
Hingga akhir peluit panjang berbunyi, kedua tim harus puas bermain imbang 1-1 . Hasil ini tentu  memutus rantai kemenangan Timnas Indonesia dalam laga uji coba.

Ini merupakan uji coba terakhir bagi timnas Indonesia jelang menghadapi Piala AFF 2018 yang akan berlangsung pada 8 November hingga 19 Desember mendatang. 

Pada ajang tersebut, tim Merah Putih berada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Hansamu Yama cs akan menghadapi tuan rumah timnas Singapura pada laga perdana Piala AFF di Stadion Nasional Singapura pada 9 November 2018.

Susunan pemain:
Timnas Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Ridho; I Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rizky Pora; Zulfiandi, Evan Dimas Darmono; Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya; Alberto Goncalves.
Cadangan: Andritany A, Abdul Rahman, Alfin Tuasalamony, Fachruddin Aryanto, Abduh Lestaluhu, Alfath Faathier, Bayu Pradana, Dedi Kusnandar, Andik Vermansah, Dedik Setiawan, Septian David.
Pelatih: Bima Sakti

Timnas Hong Kong (4-3-3): Hung Fai Yapp; Daniel Cancela Rodriguez, Festus Raise, Andrew James Russel, Kin Man Tong; Yang Huang, Yuto Nakamura, Chun Lok Tan; Alexander Oluwatayo Akande, Paul Olivier Ngue, Jaimes Anthony McKee.
Cadangan: Lau, N.H. Leung, Da Silva, Leonardo, Wong, Yue, Tsang, Law, Lee, Yuen, Wang, C.P. Leung
Pelatih: Gary John White




Subscribe to receive free email updates: