Menuju DEKELA, DP3A Ajak Lurah dan Kades Belajar ke Surabaya




Jajaran Pemkab HSU saat belajar di Kecamatan Wonokromo Provinsi Jawa Timur



IPN - Amuntai - Pemerintah Kabupaten HSU memiliki komitmen yang tinggi  dalam mewujudkan desa kelurahan layak anak (Dekela) dalam waktu dekat.
Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Komitmen dan keseriusan tersebut dibuktikan dengan upaya meningkatkan sumber daya manusia yang ada di desa dan kelurahan yang ada di wilayah HSU.
Kamis 18/10 Dinas P3A HSU melakukan  pembelajaran ke Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  DP5A  Pemerintah Kota Surabaya dengan lokus pembelajaran di Kecamatan Wonokromo.
Kegiatan ini diikuti para camat, lurah, kepala desa dan ketua TP. PKK dari tiga kecamatan yaitu kecamatan Haur Gading, Banjang dan Danau Panggang.
Selain itu, Kegiatan yang dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Ahmad Rifaniansyah ini juga diikuti jajaran Dinas P3A HSU.
Kehadiran rombongan dari HSU disambut dengan penuh hangat dan suka cita oleh Ibu Kadis P5A Surabaya beserta jajaran pemerintah kecamatan Wonokromo di Aula Praja Kecamatan Wonokrowo.
Bupati HSU dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II mengatakan pembelajaran ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman, wawasan dan pengalaman para camat, lurah dan kepala desa serta ketu TP. PKK Desa tentang desa kelurahan layak anak.
Menurut Bupati kegiatan ini juga merupkan bentuk dari komitmen dirinya untuk mewujudkan desa kelurahan layak anak, agar anak - anak HSU mendapatkan hak-haknya dengan baik, mendapatkan perlindungan dan bisa tumbuh kembang menjadi anak yang berkualitas dan bermoral.
Sementara Kadis DP3A HSU Hj. Gusti Iskandariyah menjelaskan HSU telah berhasil dua kali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.
Hj. Gusti menambahakan saat ini dengan dukungan dari Bupati HSU dan juga berbagai pihak khusunya Camat,Lurah dan Kepala Desa serta Ketua TP. PKK dirinya akan memulai mewujudkan Desa Kelurahan Layak Anak. Paparnya.
Sejalan dengan itu, Kadis DP5A Surabaya Chandra RMD Oratmangun mengapresiasi dengan rencana HSU mewujudkan Desa Kelurahan layak anak dengan melakukan pembelajaran ke Kota Surabaya.
Chandra mengatakan Kota Surabaya telah meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak dengan kategori utama, sehingga tepat HSU menjadikan Kota Surabaya sebagai lokus pembelajaran. Kata Chandra.
Dalam acara itu, Chandra menjelaskan bernahai upaya, strategi dan pengalamannya dalam mewujudkan Kota Surabaya termasuk desa kelurahan sebagai Kota, Desa dan Kelurahan Layak Anak. Sementara para peserta pembelajaran antusias mendengarkan paparan tersebut.


Sumber : Humpro HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: