Garuda Muda Raih Poin Penuh Dilaga Perdana AFC U-19

IPN- Jakarta. Timnas Indonesia sukses menjinakkan Cina Taipei dengan skor 3-1 dilaga perdana grup A AFC Cup U-19, Kamis malam (18/10/2018) di stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Adapun gol kemenangan anak asuh Indra Sjafri dicetak Egy Maulana Vikri menit 50, Witan Sulaiman menit 71 dan 88. Sedangkan gol Taipei dicetak Wang Chung-Yu menit 52. Dengan hasil ini Garuda Muda kokoh dipuncak klasemen grup A dengan poin 3 dan unggul selisih gol dari  UEA yang sebelumnya sukses menundukkan Qatar dengan skor 2-1.  

Pada laga ini Egy dipercaya tampil  bahu membahu dengan Saddil Ramdani untuk memanjakan  Muhammad Rafli Mursalim di lini depan. Di barisan gelandang, Indra Sjafri memberi kepercayaan pada trio Syarian Abimanyu, Witan Sulaiman, dan Muhammad Lutfi Baharsyah.Di lini belakang, Nurhidayat dan Rachmat Irianto diplot mengisi jantung pertahanan. Sedangkan pos fullback diisi oleh Asnawi Mangku Alam Bahar dan Firza Andika.  Muhammad Riyandi kembali dipercaya  mengawal gawang tim Merah-Putih. 



Indonesia yang mengenakan jersey merah  dengan formasi 4-2-3-1 langsung menggempur pertahanan dari Cina Taipei .  Peluang pertama Indonesia diciptakan Asnawi pada menit-menit awal pertandingan, namun tendangan kerasnya masih sedikit melenceng ke samping gawang Taiwan.

Garuda Muda  tampil mendominasi, beberapa kali tusukan sayap  melalui Asnawi dan Saddil gagal menembus pertahanan Taiwan. Egy Maulana pun gagal memanfaatkan peluang emas usai sukses menerobos dan memperdaya 2 bek Taipei pada menit 32. Pada menit 34 , Asnawi yang meliuk dari sisi kanan,  kemudian melepaskan tembakan jarak jauh namun, bola berhasil diblok oleh kiper, bola sempat memantul liar kepada Rafli tepai  hakim garis sudah menyatakan offside.

Hingga turun minum skor masih kaca mata.

Kurangnya animo publik sepakbola yang datang langsung ke GBK tak menyurutkan Garuda muda untuk meraih poin penuh di babak kedua dengan diawali peluang emas Egy yang masih diblok kiper Taipei dan bola rebound masih gagal dimanfaatkan kembali oleh Egy.

Egy memecah kebuntuan dengan membuka skor setelah memanfaatkan umpan silang yang dikirimkan oleh Witan pada menit 50. Keunggulan Timnas tidak berlangsung lama, menit 52 sebuah kesalahan dilakukan oleh pemain belakang Indonesia yang tak mengawal  Wang Chung-Yu harus kebobolan setelah menerima umpan tarik Huang Jyun Wun.

Usai kebobolan, Garuda muda langsung meningkatkan tempo permainan dimana terus menerus memborbardir pertahanan Taipie.Hasilnya menit 71' sebuah tendangan bebas berhasil diblok oleh pemain Taipei, namun bola liar berhasil disundul oleh Witan.



Indonesia makin menjauh di menit 88 usai aksi Egy yang  berhadapan dengan kiper, meski  kesulitan menembak tetapi bola disodor pendek  dan diselesaikan dengan tembakan keras Witan! Hingga peluit panjang  berbunyi skor 3-1 untuk Garuda Muda.  Selanjutnya Egy cs akan melakoni laga kedua melawan Qatar pada Minggu lusa.

Susunan Pemain

Indonesia U-19: 1 Muhamad Riyandi, 3 Asnawi Mangku Alam, 5 Nurhidayat, 13 Rachmat Irianto, 11 Firza Andika, 17 Syarian Abimanyu, 8 Witan Sulaiman, 7 Muhammad Lutfi, 10 Egy Maulana, 15 Saddil Ramdani, 9 Rafli Mursalim

Taiwan U-19: 1 Li Guan Pi, 2 Hou Pin I, 4 Fong Shao-Chi, 5 Kenneth Huang, 7 Lan Hao Yu, 8 Wu Yen Shu, 9 Huang Jyun Wun, 10 Will Donkin, 13 Chiu Po Jui, 19, Tu Shao Chieh, 11 Wang Chung Yu

Subscribe to receive free email updates: