Bupati Kabupaten Ini, Dukung Pemuda Terus Berkarya Lewat Gelaran Seni dan Budaya




Hj Anisah Rasyidah Wahid saat foto bersama dengan penari cilik dan remaja dalam acara Sanggar Air Perporming Art Bakarya Maharumi Banua




AMUNTAI - Berpusat di Jalan Basuki Rahmat Depan Plaza Amuntai, Sabtu (13/10). Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Hulu Sungai Utara bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan serta UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan menggelar Sanggar Air Performing Art - Bakarya Maharumi Banua.

Hadir menyaksikan kegiatan tersebut Kepala UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan Suharyanti, Ketua Yayasan Sanggar Budaya Kalimantan Selatan Elly Rahmi, Ketua TP.PKK Hulu Sungai Utara Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda HSU Drs. H. Akhmad Rifaniansyah, perwakilan Kodim 1001/AMT-BLG, Kepala Disporapar HSU serta ratusan masyarakat Hulu Sungai Utara juga turut menikmati pergelaran seni tersebut sembari mengisi malam Minggu.

Kepala UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan Suharyanti dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan program Taman Budaya 2018 dan ini merupakan pelaksanaan yang ke-7 dari masing-masing kabupaten.

"Yang terpenting kami berterimakasih khususnya sanggar air yang telah membantu berjalannya program ini, semoga pembinaan seni di Kantor Hulu Sungai Utara ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga prestasi anak-anak bisa lebih ditingkatkan lagi" ungkap Yanti, panggilan Suharyanti.

Teater



Adapun Bupati Hulu Sungai Utara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda HSU Drs. H. Akhmad Rifaniansyah mengapresiasi adanya kegiatan ini. Digelarnya pertunjukan kesenian dan kebudayaan ini diharapkan tidak hanya semata-mata sebagai hiburan bagi masyarakat tapi juga dapat mempererat tali persaudaraan untuk bersama-sama mengembangkan serta melestarikan seni dan budaya daerah. Karena sejatinya era modernisasi dengan berbagai kemajuan yang mengirinya menjadi tantangan bersama dalam menjaga, mengembangkan dan melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah agar tidak tergerus pengaruh globalisasi.

"Kita harus menyadari tanggungjawab menjaga seni dan budaya tidak hanya kewajiban satu pihak melainkan kewajiban kita bersama. Harapan kami seluruh masyarakat untuk proaktif dalam memprakarsai dan menyokong upaya pelestarian seni dan budaya kita, memperluas pengenalan seni serta mengemas karya seni budaya dalam karya seni yang kreatif" tegas Wahid

Bupati juga berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah yang berguna untuk mengasah kreatifitas dengan tidak melupakan akar kebudayaan kita sendiri serta menjauhkan generasi muda dari aktivitas negatif.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan diantaranya musik panting, grup habsyi, tarian, marching band serta teater. Semua penampilan tersebut hasil karya putra-putri berprestasi HSU yang tergabung dalam beberapa kelompok antara lain Sanggar Air HSU, Sanggar Air Ananda, Grup Habsyi Syiarussalikin, serta siswa-siswi dari SMKN 1 Amuntai, SMKN 2 Amuntai dan SMAN 1 Amuntai.

Dalam wawancara diakhir acara, Ketua TP.PKK HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP mengatakan begitu bergembira dan terpukau dengan penampilan putra-putri Hulu Sungai Utara yang telah menorehkan banyak prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Ini harus kita gelorakan terus, kami sudah menjalin kerjasama dengan UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan, bilamana ada kegiatan seperti ini Hulu Sungai Utara siap menampilkan apa yang diminta" ungkap Anisah.

Anisah berharap semoga Yayasan Sanggar Air Hulu Sungai Utara semakin berjaya, kader-kadernya terus tumbuh, sehingga Kabupaten Hulu Sungai Utara semakin Mantap. (*)


Sumber Dikominfo
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: