Notification

×

Iklan

Iklan

Kalapas Kotabaru Berhasil Beberapa Pejabat Pemkab Berkunjung ke Lapas Super Maximum Security Nusakambangan.

Wednesday, March 06, 2024 | 06 March WIB Last Updated 2024-03-06T22:45:22Z


Foto bersama


Nusa Kambangan -IPN- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise berhasil membawa Timnya yang terdiri dari Pegawai Lapas dan  e erapa Pejabat Pemda Kotabaru mengunjungi Lapas Super Maximum Security Nusakambangan Jawa Tengah (6/3/2024). 


Kegiatan kunjungan Tim Lapas Kelas IIA Kotabaru bersama Pemda Kotabaru ke Nusakambanga ini terlaksana berkat undangan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.


Di Nusa Kambangan yang terkenal sebagai "Pulau Penjara" Indonesia ini, tim tiba di Pelabuhan Wijayapura Kabupaten Cilacap dan selanjutnya menyeberang ke Nusakambangan  dan mendarat Pelabuhan Sodong yang adalah pintu masuk ke Pulau Nusakambangan.


Lapas yang dikunjungi merupakan Lapas dengan Teknologi tercanggih di Asia Tenggara. 


Sebelum memasuki Lapas High Risk Karanganyar Nusakambangan, tim terlebih dahulu melalui proses pemeriksaan yang ketat sesuai SOP yang berlaku.


Menjelaskan. 

Di Lapas High Risk Karanganyar Nusakambangan, rombongan langsung disambut oleh Kepala Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar, Hisam Wibowo dan diajak berkeliling Lapas melihat titik- titik pengamanan, pembinaan dan pelayanan yang ada di Lapas diantaranya Control Room yang digunakan untuk mengawasi kegiatan-kegiatan Warga Binaan khususnya di dalam kamar hunian dengan konsep "One Man One Cell". 


Selanjutnya tim  bertemu dengan Kakanwil Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun bersama rombongan yang sedang melihat giat Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin Jajaran Pegawai Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang pelaksanaannya dilaksanakan di Pulau  Nusakambangan. 


Selanjutnya Tim lalu diajak berdiskusi tanya jawab dengan Kalapas Karanganyar mengenai sistem pengamanan dan pembinaan Narapidana High Risk di Lapas Super Maximum Security tersebut.


Kalapas Karanganyar, Hisam Wibowo dalam pernyataannya mengatakan bahwa seluruh Narapidana di pantau langsung oleh cctv 24 jam.

 

“Lapas ini menerapkan keamanan super ketat atau super maximum security "One man one cell" dan dipantau CCTV 24 jam dan semua perangkat dikendalikan dari Control Room,” jelasnya. 


Sementara Kalapas Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise mengungkapkan ucapan terima kasih sudah disambut dengan baik di Nusakambangan 


“Terima Kasih kepada Kalapas Kelas I Batu Nusalambangan, Kalapas High Risk Karanganyar, Kalapas Kelas IIA Besi Nusakambangan dan seluruh jajaran yang sudah menyambut kami dengan sangat baik,” senangnya. 


Apalagi tambahnya ia sudah kesekian kalinya ke Nusakambangan namun kunjungan kali ini luar biasa karena saya berkunjung bersama “kader” muda Lapas Kotabaru. 


“Saya berharap dengan kunjungan ini mereka akan memperoleh ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk bekal perjalanan karier mereka secara khusus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Hukum HAM RI,” tutupnya mengakhiri.


Reporter: Jumadil.

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update