Notification

×

Iklan

Iklan

HMI Cabang Tanjung Ingatkan Pemda dan Kampus Soal Demokrasi

Sunday, February 11, 2024 | 11 February WIB Last Updated 2024-02-11T03:22:20Z

 

Pernyataan

TANJUNG-IPN- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tanjung, Tabalong mengingatkan pemerintah daerah  (Pemda), TNI, Polri dan kampus perguruan tinggi  untuk menjaga nilai-nilai demokrasi.  Pemerintahan sebagai pelaksana kebijakan negara harus dilaksanakan sesuai dengan landasan konstitusi.


"Kami minta Pemda dengan ASN nya, TNI Polri untuk komit menjaga nilai-nilai demokrasi, sehingga dapat mewujudkan proses pemilu yang berintegritas dengan suasana damai," ujar Sekretaris Umum HMI Cabang Tanjung, Muhammad Kevindra Ilham, Sabtu (10/2).


Dalam pernyataan tertulisnya, Muhammad Kevindra Ilham juga meminta aparat TNI dan Polri untuk tidak ragu-ragu dalam melaksanakan netralitasnya dalam pemilu. Dengan demikian aparat dapat fokus sebagai alat negara yang menjaga prosesi pemilu hajat kedaulatan rakyat.



Mereka juga mendorong kampus dan perguruan tinggi untuk tetap kritis terhadap fenomena kehidupan kenegaraan. Kampus diharapkan memiliki sikap independen dan otonom untuk bersikap kritis terhadap kebijakan pemerintah dan penyalahgunaan kekuasaan yang bisa merusak demokrasi.


"Kampus harus  mampu bersikap kritis terhadap setiap kebijakan pemerintah dan penyalahgunaan kekuasaan yang merusak nilai-nilai demokrasi," tegasnya.


HMI Tanjung berharap rakyat dapat menggunakan hak pilihnya dengan merdeka, terbebas dari intervensi kekuasaan, iming-iming politik uang yang masih menjadi problem dalam setiap pemilu. 


"Karena itu KPU dan Bawaslu mesti menjaga profesionalisme kerja, berintegritas dengan  tanggung jawab," ujar Muhammad Kevindra Ilham.


Belakangan ini berbagai kampus perguruan tinggi ramai-ramai menyuarakan pesan moral yang mereka nilai esensi demokrasi saat ini semakin keluar jalur demokrasi. 


Diantara perguruan tinggi tersebut  adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Indonesia (UII), UGM, Unhas, UIN Sunan Kalijaga, UMY, UMS dan lainnya.*




×
Berita Terbaru Update