Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab dan Dekranasda HSU Ikut Ambil Bagian dalam Event Expo Kalsel 2023 di Banjarbaru

Thursday, August 31, 2023 | 31 August WIB Last Updated 2023-09-02T00:08:04Z


Expo Kalsel


BANJARBARU -IPN Dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ke 73, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berpartisipasi dalam pemeran kalsel expo 2023 yang di gelar oleh pemprov kalsel di kota Banjarbaru yang bertempat di lapangan Murdjani, Rabu (30/8/2023).

Di mana pada pameran kalsel expo ini Pemkab HSU menampilkan Produk Unggulan yang dihasilkan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bernilai Ekspor, sehingga dapat memberikan peluang investasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


Pameran Kalsel expo ini juga merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah Kab. HSU untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk unggulan daerah.


Adapun Produk Unggulan binaan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kab. HSU yang akan di promosikan seperti anyaman purun, kerajinan eceng gondok, kerajinan bambu, kerajinan rotan/lupu, meubel, kerupuk olahan, gula batu itik, kue kering, apam hambuku, telor asin, ikan asin, beras organik dan teknologi tepat guna.








Sementara sambutan gubernur Kalsel Sahbirin Noor sekaligus membuka secara resmi pameran ini mengatakan pameran Kalsel expo 2023 merupakan momentum mengenalkan tagline baru Banua yaitu kalsel Babussalam dan Geopark Meratus.


"Kalsel Babussalam artinya Kalsel sebagai pintu gerbang Nusantasa. Ini seiring dengan mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dalam proses pembagunan. Dengan Kalsel Babussalam dan Geopark Meratus kita menjemput dunia. Nanti akan banyak wisatawan dari berbagai daerah di tanah air dan berbagai belahan dunia". ujarnya.


Dia menuturkan, saat ini geopark meratus dalam proses pendaftaran ke Unesco. Langkah ini akan meningkatkan perhatian dunia terhadap Kalsel khususnya.


Sementara Ketua Panitia H. Nurul Fajar Desira selaku Plt Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel mengatakan melalui pameran kalsel expo ini kita menyampaikan hasil pembangunan dan mempromosikan produk daerah khususnya UMKM sekaligus membantu jaringan pasar nasional dan global.


"Untuk pameran ini berlangsung mulai 30 Agustus sampai 3 September 2023 ini setiap hari buka dari pukul 10.00 sampai 22.00 Wita yang ikuti sebanyak 251 stan, jumlah ini meningkat 10 persen di bandingkan tahun lalu". tambahnya.


Ia juga menambahkan peserta terdiri atas dinas, badan di lingkungan Pemprov Kalsel, Pemkab se kalsel, Pemprov Jawa Barat (Jabar) dan ada pula peserta luar negeri dari perusahaan Belanda, BUMD, swasta nasional, perguruan tinggi serta rumah sakit.


Selain pameran yang menampilkan berbagai produk unggulan daerah UMKM, pameran ini juga digelar hiburan, lomba, musik dan tari serta kebudayaan lainnya. 


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update