Notification

×

Iklan

Iklan

Kontingen Peserta Kemah Bela Negara dan Raimuna Nasional Dilepas Pj Bupati HSU Zakly Asswan

Wednesday, July 05, 2023 | 05 July WIB Last Updated 2023-07-07T05:32:10Z

 

Momen Sekda (kiri) saat mewakili Pj Bupati melepas kontingen HSU


AMUNTAI -IPN- Bertempat di halaman Kantor Bupati Hulu Sungai Utara, Sekretaris Daerah Hulu Sungai Utara H. Adi Lesmana, S.Sos, M.Si melepas Kontingen Peserta Kemah Bela Negara Dan Raimuna Nasional Gerakan Pramuka Hulu Sungai Utara Tahun 2023.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Hulu Sungai Utara Jumadi, S.AP, MT dalam laporannya menyampaikan Kegiatan Kemah Bela Negara Nasional akan dilaksanakan dari tanggal 10 – 16 juli 2023 di kiram park, desa kiram kecamatan karang intan kabupaten banjar kalimantan selatan, akan dihadiri kurang lebih 1.700 peserta dari seluruh indonesia.

Kwarcab Hulu Sungai Utara akan mengirimkan 39 Orang peserta yang terdiri dari 1 Orang Pimpinan Kontingen, 2 Orang Staf Kontingen , 4 Orang Pembina Damping dan 32 Orang peserta Pramuka Penggalang Putra dan Putri. Sedangkan untuk pelaksanaan Kegiatan Raimuna Nasional Akan dilaksanakan pada tanggal 14-21 agustus 2023 di bumi perkemahan cibubur Jakarta, dimana Kwaracab Hsu akan mengirimkan 35 Peserta yang terdiri dari 2 Orang Pimpinan Kontingen, 1 Orang Pembina Damping dan 32 Orang Pramuka Penegak dan Pandega Putra dan Putri.


Selanjutnya Ketua Kwarcab HSU menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj. Bupati Hulu Sungai Utara selaku Ketua Mabicab HSU dan Pemerintah Daerah HSU yang telah mendukung dan memberikan bimbingan sehingga Kontingen Pramuka HSU dapat berpartisipasi dalam 2 Event Nasional Pramuka kali ini. Tak lupa pula penghargaan disampaikan kepada orang tua dan lembaga pendidikan yang telah memberikan dukungan kepada  peserta Kemah Bela Negara dan raimuna Nasional Gerakan Pramuka Hulu Sungai Utara Tahun 2023.



Seperti yang diketahui gerakan pramuka adalah wadah untuk mendidik dan membina generasi muda, agar mereka menjadi manusia yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi. Pendidikan dalam gerakan pramuka diselenggarakan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dengan menanamkan keterampilan kecakapan hidup (life skill) kepada para peserta didiknya dengan tujuan mendidik generasi muda indonesia agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, terampil, mandiri, bermental kuat, bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, keluarga, dan masyarakat.


Termasuk kegiatan Kemah Bela Negara Nasional dan Raimuna Nasional yang merupakan wadah pertemuan pramuka se-Indonesia, dalam rangka menghadapi dan menanggulangi AGHT (ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan) dan penggenapan nilai-nilai dasar bela negara dan definisi aksi nasional bela negara bagi pramuka, baik dilakukan secara individu maupun kelompok.


Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh pramuka penggalang putra dan putri se- indonesia serta Raimuna Nasional yang akan diikuti pula Pramuka Penegak dan Pandega se Indonesia, sebagai sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi pramuka penggalang putra dan putri se-Indonesia yang bertujuan untuk membentuk watak, sikap, kemandirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebangsaan yang ber “bhinneka” sebagai manusia ber “iman dan bertaqwa, serta ”, ber “ilmu pengetahuan teknologi”. Sehingga nantinya dapat membentuk persatuan dan kesatuan pramuka penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu trisatya dan dasa darma.


Pj. Bupati Hulu Sungai Utara Drs. Zakly Asswan , MM dalam sambutannya yang di sampaikan oleh Sekretaris Daerah Hulu Sungai Utara H. Adi Lesmana, S.Sos, M.Si menyambut baik terlaksananya kegiatan Kemah Bela Negara Nasional dan Raimuna Nasional Tahun 2023. karenanya, atas nama pribadi dan  ketua majelis pembimbing cabang gerakan pramuka maupun pemerintah kabupaten hulu sungai utara, mengucapkan selamat kepada adik-adik yang terpilih untuk bergabung dengan kontingen kemah bela negara nasional dan raimuna nasional kwarcab hulu sungai utara tahun 2023. 


Perlu saya ingatkan, bahwa selain membawa nama baik pribadi dan keluarga, di pundak adik-adik tersemat nama kwartir cabang gerakan pramuka hulu sungai utara, juga nama kabupaten hulu sungai utara maupun nama provinsi kalimantan selatan. tunjukkan bahwa kalian bisa dan mampu memberikan yang terbaik bagi daerah kita hulu sungai utara, memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan bersosialisasi dengan peserta dari daerah lain.agar dapat memperkenalkan kabupaten hulu sungai utara kepada saudara-saudara kalian di nusantara melalui penampilan budaya dan potensi di daerah ini. 


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update