Notification

×

Iklan

Iklan

Plt. Bupati HSU, H Husairi Ajak SKPD Ciptakan Inovasi Daerah

Tuesday, May 17, 2022 | 17 May WIB Last Updated 2022-05-17T06:08:24Z


Plt Bupati Kabupaten HSU H Husairi Abdi Lc, (tengah)


BANJARBARU - Majunya suatu bangsa sangat ditentukan dari Inovasi yang dilakukan bangsa tersebut. Untuk itu diperlukan dukungan penuh terhadap kegiatan yang bersifat inovatif khususnya yang dilakukan oleh para ASN di daerah untuk memajukan daerahnya


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Husairi Abdi, Lc menghadiri Sosialisasi Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung KH. Idham Chalid Banjarbaru, Selasa (17/5)


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali, Kepala Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan H. Muhammad Amin, Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Drs. Matheos Tan, MM, serta Kepala Bapelitbang HSU H.M Haridi.


Kepala Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan H. Muhammad Amin dalam sambutannya mengatakan Inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan tujuan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. 


Sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik , pemberdayaan serta peran serta masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah.


Lanjut lagi dikatakan Pada penilaian Innovatife Government Award (IGA) tahun 2021 masih ada 5 kabupaten kota yang berpredikat kurang inovatif. Tentunya masih banyak yang perlu dilakukan agar seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan agar memiliki predikat inovatif dan sangat inovatif pada penilaian IGA kedepannya.


"Perlunya kerjasama kolaboratif dan transfer ilmu berbasis riset antar Bapelitbang di Kalimantan Selatan menjadi hal penting untuk dilaksanakan" 


Selain itu penting dibentuk tim kerja pembina inovasi daerah untuk koordinasi dan penginputan data inovasi daerah kedalam aplikasi indeks inovasi daerah di setiap wilayah


"Karena seringkali proses inovasi daerah telah berjalan tapi sangat minim dokumentasi dan administrasi pendukungnya sehingga berpengaruh pada nilai informasi dan tingkat kematangan inovasi yang diluncurkan"







Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali menambahkan untuk mendukung peningkatan inovasi daerah ini pemerintah provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan lomba inovasi Di setiap SKPD, masing-masing SKPD minimal membuat 1 inovasi, kita akan lombakan dan kita akan berikan penghargaan kepada teman-teman SKPD yang inovasinya cukup bagus


Demikian juga dengan lomba inovasi untuk kabupaten/kota, kita akan lombakan mana saja inovasi yang bisa memudahkan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik.


Untuk inovasi-inovasi yang bagus baik itu di kabupaten/kota ataupun SKPD ini akan kita tingkatkan agar nanti bisa digunakan apabila itu inovasi SKPD maka kita akan terapkan di seluruh SKPD dan kabupaten/kota bahkan bilamana itu bisa digunakan ditingkat nasional kami juga akan terus mendukung


"Kami sudah minta Bappeda dan Bakeuda  untuk menyiapkan alokasi anggaran untuk pengembangan inovasi yang memang bagus untuk dikembangkan" terangnya.


Plt. Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc usai mengikuti sosialisasi tersebut berharap seluruh SKPD di pemerintahan Kabupaten Hulu Sungai Utara bisa saling bekerjasama untuk menciptakan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.


Sehingga masyarakat bisa lebih mudah, cepat, aman dan nyaman untuk memperoleh pelayanan publik agar tercipta kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Utara


Sumber: Humpro Setda HSU untuk Info Publik News.

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update