Saatnya Timnas Kembali Bungkam Singapura

IPN - Singapura. Tim Nasional Indonesia malam nanti  akan memulai perjuangannya di AFF Suzuki Cup 2018 melawan tuan rumah Singapura di Stadion Nasional. Laga sarat gengsi itu akan disiarkan langsung RCTI mulai pukul 19:00 WIB. 

Perlu diketahui ini merupakan laga kesembilan antara Indonesia versus Singapura di pentas  AFF Cup.  Indonesia hanya mampu meraih masing-masing dua kemenangan dan dua hasil imbang serta empat kekalahan dalam delapan laga sebelumnya. Namun, dua kemenangan terakhir Indonesia atas Singapura terjadi pada Piala AFF sehingga  berpeluang menumbangkan Singapura dalam laga nanti. 

Pelatih Indonesia, Bima Sakti yakin laga perdana ini bakal berlangsung ketat dan menarik bagi kedua tim. Namun ia yakin anak asuhnya akan bermain lepas seperti tampil di kandang meski ini menjalani partai tandang.

"Kami akan mencoba untuk bermain bagus dan fokus pada semua pemain lawan. Kami butuh poin penuh di Singapura untuk pertandingan selanjutnya melawan Timor Leste," kata Bima. 

Di samping itu, Bima mengungkapkan dengan materi pemain yang tidak jauh berbeda seperti saat Asian Games 2018, dirinya juga tidak mengubah cara latihan yang pernah diterapkan pelatih Luis Milla Aspas. Bima pun memiliki alasan tersendiri mengenai hal tersebut.

Ia menambahkan bahwa ia selalu menerapkan di tim tidak ada pemain cadangan, lalu kapten juga memang ada beberapa pemain yang kita anggap senior dan semua ada kesempatan.

"Kapten kami pilih Hansamu Yama karena dia sudah menjadi kapten dari SEA Games dan Asian Games, jadi sudah lebih mengerti bagaimana kondisi semua pemain. Jadi kami menerapkan semua pemain itu pemain inti dan tidak ada cadangan,"jelasnya.
Sementara itu, Hansamu menegaskan kesiapannya untuk mengenakan ban kapten Skuat Garuda.

"Kalau masalah kapten itu pilihan pelatih. Seperti kata pelatih, di tim ini tidak ada istilah pemain inti atau cadangan. Jarak usia kami sekarang juga enggak jauh beda dengan pemain senior. Para pemain senior juga baik-baik, terus kami sering sharing masalah tim, jadi itu enggak ada masalah," tambah pemain belakang asal Barito Putera itu. 


Sementara pelatih timnas Singapura, Fandi Ahmad, menyadari timnya tidak diunggulkan pada laga ini, meski bertindak sebagai tuan rumah. Namun dia bertekad untuk memberikan kejutan, demi meraih tiga poin.

"Indonesia memiliki penguasaan bola yang baik dan para pemainnya kuat serta cepat. Kami sudah mempelajari permainan mereka. Memang, kami tidak memiliki banyak pemain bertalenta seperti Indonesia, tapi kami memiliki motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi negara kami," ucap mantan pelatih Pelita Bandung Raya ini.

"Jadi, saya berharap kami bisa membangun kerja sama tim yang baik di laga nanti. Kami sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk menghentikan Indonesia," tegas mantan pemain Niac Mitra tersebut.

Prakiraan Susunan Pemain
Singapura: Hassan Sunny; Shakir Hamzah, Baihakki Khaizan, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin; Hariss Harun, Adam Swandi; Izzdin Shafiq, Gabriel Quak, Zulfami Arifini; Ikhsan Fandi

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Putu Gede Juni Antara, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, Rizky Rizaldi Pora; Bayu Pradana, Evan Dimas, Stefano Lilipaly; Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Alberto Goncalves



Subscribe to receive free email updates: