371 PDP dan PDTI Se Kalsel Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa

IPN – Banjarmasin. Kementerian Desa , PDT Dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas pendamping desa tahun anggaran 2018.

Kegiatan yang berlangsung selama lima  hari  sejak 20 -24 November 2018 , di hotel G Sign Banjarmasin diikuti  371 orang  peserta yang terdiri dari Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) , sedang para pelatih berjumlah  36 Tenaga Ahli  Madya  Provinsi dan  Tenaga Ahli Kabupaten/Kota.


Tenaga ahli madya Pengelolaan Pengetahuan Program Inovasi Desa (PID) Mugniharto Wakhmadi menjelaskan bahwa tujuan pelatihan  untuk menyamakan visi dan misi desa ,  memfasilitasi pihak-pihak yang terlibat dalam inovasi desa untuk bersinergi sehingga semua tahapan berjalan dengan baik.

“Ditambah  penguatan fasilitasi pendampingan pada PID, khususnya komponen program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) dan Penyedia Peningkatan Kapasitas Tehnik Desa (P2KTD) Tahun Anggaran 2018,” jelasnya.

 
Selain itu, agenda pelatihan  juga diisi dengan evaluasi permasalahan pendampingan dalam mensukseskan program PID 2018. Hal ini dilakukan sebagai upaya Kementerian Desa PDTT dalam mengevaluasi manfaat program tersebut, sebagai program pembantu dalam memaksimalkan pemanfaatan program Dana Desa yang lebih inovatif.

Salah satu peserta dari kabupaten Balangan , Endang Wahyujoningtyas mengaku mendapat tambahan  pengetahuan dan wawasan sehingga bisa lebih baik dan bersemangat untuk mendampingi desa dalam persiapan bursa inovasi.

Senada dengan Endang, Windi peserta asal kabupaten Hulu Sungai Utara juga mengaku bertambah ilmu dan wawasan terutama tentang inovasi desa dan kasus stunting serta penanganannya. “Semoga bisa diterapkan ilmu yang sudah didapat pada tempat tugas kami,” tukas Windi.



Subscribe to receive free email updates: