Sayap Garuda Muda Patah, Dihempas Qatar 5-6

IPN – Jakarta . Sayap Garuda Muda patah pada laga kedua yang banjir gol fase grup A melawan Qatar , Minggu (21/10/2018). Garuda Muda yang tampil dengan kostum putih  harus menyerah dengan skor 5-6. 

Tiga kesalahan fatal Nurhidayat membuahkan gol Qatar diawal babak pertama. Kapten Timnas Indonesia U-19 itu salah mengantisipasi umpan silang dari sisi kiri pertahanan. Bola yang terlepas pun bisa dimanfaatkan dengan matang oleh Hasim untuk membawa Qatar unggul pada menit ke-10.

Beberapa menit berselang, gawang Timnas kembali kebobolan melalui kaki dari Abdulrasheed Umaru . Sepakan keras dari kaki kanan Abdulrasheed gagal ditutup Nurhidayat membawa Qatar unggul dua gol atas Timnas Indonesia U-19.

Tertinggal dua gol membuat pemain Timnas Indonesia U-19 berusaha bangkit dengan  mencetak gol cepat. Akan tetapi, Timnas Indonesia U-19 justru harus tertunduk lesu lagi di menit ke-24 saat Mohammed Waad mencetak gol dari tendangan jarak jauh cantik yang sempat membentur Nurhidayat.  

Selebrasi Abdulrashed Umaru usai menjebol gawang Riyandi

Timnas sempat memperkecil ketinggalan berkat tendang bebas Luthfi Kamal menjadi 1-3. Qatar kembali berhasil menambah pundi-pundi gol berkat sumbangan kedua Abdulrashed Umaru pada menit ke-42. Sepakan keras kaki kanannya dari jarak dekat sempat membentur tiang atas  dan kemudian memantul ke dalam gawang Riyandi. Skor babak pertama 1-4.

Qatar sukses mencetak 2 gol cepat dibabak kedua melalui Hasim Ali berhasil memanfaatkan bola rebound! Qatar 1-5 Indonesia di menit 51. Dan melalui serangan balik dari umpan terobosan, Abdulrasheed Umaru lolos dan mencetak gol ketiganya dimenit 56.  Garuda Muda semakin tertinggal 1-6.


Todd Rivaldo yang masuk untuk menggantikan Rafli dimenit 55  membuat sayap Garuda Muda kembali mengepak terbang dimana pemain asal Persipura ini sukses mengangkat moril rekan-rekannya.

Dimulai dengan tendangan bebas dari Rivaldo sukses menjebol gawang Qatar dimenit 65, skor 2-6.

Muhammad Riyandi membuat penyelamatan gemilang setelah tinggal berhadapan dengan Abdulrasheed Umaru yang lepas dari pengawalan pemain timnas. 

Kemudian kembali lewat  tendangan bebas Saddil sukses menjebol gawang Qatar dengan arah yang menukik di sisi kiri gawang dimenit 69, skor 3-6.

Garuda Muda makin menggila untuk memperkecil ketinggalan 4-6 ,  dimana aksi individual Rivaldo sukses melewati empat lawan dan kemudian tembakannya masuk ke pojok kiri gawang pada menit 73.

Menit 74 Egy Maulana Vikri  hampir mencetak gol setelah tinggal berhadapan dengan kiper, tembakan yang dia lepaskan masih mendapatkan blok Salah Zakaria.

Liukan maut Rivaldo sukses diakhiri dengan tembakan keras datar, dia mencetak hatrik di laga ini pada menit 81, skor semakin tipis menjadi 5-6. Sayang hingga peluit panjang berbunyi, Garuda Muda gagal menyamakan skor.

Dengan kekalahan ini Garuda Muda turun ke peringkat 3 dengan poin yang sama dengan Qatar yakni 3 tetapi kalah dalam head to head meskipun unggul selisih gol. Pada turnamen ini, AFC menggunakan sistem head to head jika memiliki poin sama. Jika head to head seimbang baru kemudian dihitung selisih gol hingga fair play ( jumlah kartu merah dan kuning tersedikit).

Sehingga partai terakhir Garuda Muda wajib menang  atas UEA untuk bisa lolos ke perempat final.  UEA sebelumnya pesta 8-1 atas Cina Taipei . Sementara Qatar dilaga terakhir hanya melawan tim lemah Cina Taipei .

Jika Timnas menang atas UEA dan Qatar juga menang atas Cina Taipei maka ada Indonesia, Qatar dan UEA  memiliki poin sama yakni 6 dan akan digunakan sistem head to head dimana hasil pertandingan melawan Cina Taipei tidak dihitung. Maka Qatar dan Garuda Muda dipastikan lolos dengan unggul produktivitas gol

Line up Garuda Muda melawan Qatar

SUSUNAN PEMAIN

INDONESIA U-19 (4-2-3-1)
Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Andika; Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal; Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Rafli Mursalim
Pelatih: Indra Sjafri

QATAR U-19 (4-4-2)
Salah Zakaria; Nasir Peer Baksh, Ahmed Albakheet, Youssef Ayman, Abdulla Nasser; Hashim Ali, Ahmed Sulhail, Khaled Mohammed, Abdollah Ali Saei; Abdulrasheed Umaru, Mohammed Waad Albayati
Pelatih: Miguel Pinheiro

Subscribe to receive free email updates: