Keren BPS HSU Gelar Lomba Matematika Sekaligus Ajak Peserta Tahu STIS



Fokus peserta lomba saat menjawab soal matematika dalam even lomba matematika yang di gelar BPS HSU



AMUNTAI, Satu persatu soal dijawab dengan serius oleh para pelajar yang mengikuti lomba matematika dan statistik tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten HSU di Aula Kantor BKPP Hulu Sungai Utara. Selasa (18/9)

Lomba yang diikuti oleh sekitar 158 pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMA/Sederajat se Kabupaten HSU ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan pelajar terutama dalam bidang matematika dan Statistik.

Meskipun ruangan aula BKPP HSU yang terlihat dipenuhi oleh para pelajar yang mendaftar dari berbagai perwakilan sekolah se Kabupaten HSU,  para peserta yang notabene merupakan siswa siswi SMA/sederajat ini dapat dengan serius menjawab 50 soal selama 2 jam yang diberikan oleh panitia.

Kepala Badan Pusat Statistik Kab.HSU H. Masfian Noor saat membuka lomba mengatakan, kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk melatih serta memberikan pengalaman kepada para peserta dari kalangan pelajar, dengan harapan memunculkan orang-orang berdedikasi tinggi terhadap bidang matematik dan statistik." Katanya.

Dirinya menambahkan, melalui kegiatan lomba ini juga pihaknya berharap kepada para pelajar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi STIS/ Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta yang peluangnya terbuka lebar bagi para pelajar di Kabupaten HSU.

"Disamping ikatan dinas, banyak keuntungan-untungan lain apabila melanjutkan pendidikan di STIS diantaranya mendapatkan uang pesangon setiap bulannya ditambah lagi tidak perlu repot-repot lagi ikut ujian CPNS kedepannya." Terangnya

Lebih lanjut Masfian Noor menambahkan, melalui ujian online para pemenang pada perlombaan kali ini baik juara satu, dua maupun tiga selanjutnya juga akan diikutsertakan kembali dalam lomba yang serupa seKalimantan Selatan pada tanggal 21 September ini, dan untuk seluruh peserta yang mewakili daerahnya masing-masing nantinya akan berada di bawah pengawasan BPS provinsi Kalsel secara langsung.

"Kami juga berharap diitahun-tahun depan kegiatan ini semakin bertambah baik." Pungkas Kepala BPS HSU.

Sementara itu salah seorang guru pendamping dari SMAN 1 Amuntai Utara Najiah mengakui untuk mengikuti lomba matematika dan statistik ini, muridnya hanya melakukan persiapan yang sedikit lantaran waktu yang terbilang singkat.
"Diantara 4 murid saya yang ikut serta dalam perlombaan kali ini ada 2 orang yang diunggulkan." Imbuhnya.

Adapun pemenang dalam lomba matematika dan statistik yang digelar kali ini disamping mendapatkan theropy sertifikat serta uang pembinaan, bagi juara pertama juga mendapatkan teropy bergilir Bupati HSU.

Diketahui juara pertama dalam lomba matematika dan statistik kali ini diraih oleh Fitra Alfani dari MAN 2 HSU, Juara kedua diraih oleh Muhammad Azmiyannor dari SMAN 1 Sungai Pandan dan juara ketiga diraih oleh Qadrunnada Refa Cahyani siswi MAN 1 Hulu Sungai Utara. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: