MIN 9 Wakili Hulu Sungai Utara ke Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi




Eksis usai penilaian LSS oleh Tim OwniPen Lomba HSU

Fokus melakukan penilaian 


AMUNTAI (Infopubliknews) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Hulu Sungai Utara mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara mengikuti lomba Sekolah Sehat tingkat kabupaten. Kegiatan lomba sekolah sehat ini di nilai oleh beberapa pihak antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, kementerian agama, dan dinas kesejahteraan Rakyat (kesra).

Peserta lomba sekolah sehat terdiri dari 8 sekolah/madrasah yang ada di HSU, dan baiknya MIN 9 Hulu Sungai Utara menjadi madrasah yang satu satunya terpilih  mengikuti lomba sekolah Sehat dari 88 madrasah di HSU.

Penerapan Sekolah Sehat ini terwujud karena banyaknya kerjasama yang dijalin antara pihak madrasah dengan pihak lainnya. Misalnya pihak pemerintah desa Harus, sangat mendukung baik dari segi moril dan materil dengan adanya penerapan sekolah sehat.

Kemudian pihak puskesmas kecamatan yang melakukan pembinaan usaha kesehatan sekolah, pihak kepolisan yang berkontibusi dalam penyuluhan bahaya narkoba. Dan kemudian kerjasama dengan trainer Sekolah Guru Indonesia yaitu Ades Marsela, M.Pd dalam pelaksanaan pelatihan dokter kecil, peneraparn literasi alam di madrasah, dan membantu mensinergikan pihak orangtua dan madrasah dalam pelaksanaan pendidikan yang lebih baik.

Tim penilai menilai secara keseluruhan baik dari administrasi maupun kegiatan yang ada di MIN 9 Hulu Sungai Utara. Kebersihan dan kesehatan lingkungan di madrasah menjadi fokus tim penilai untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan mulai dari unit kesehatan sekolah (UKS), kebersihan kelas, perpustakaan, kantin, kamar mandi, ruang guru, drainase dan tempat/kegiatan lainnya.

Hal unik yang menarik perhatian tim penilai  di madrasah ini adalah anak-anak membeli makanan tidak dengan uang lagi melainkan menggunakan voucher yang telah ditukarknan sebelumnya ke wali kelas siswa, hal tersebut untuk mengurangi bahaya kotoran yang menempel di uang tersebut yang kemudian melekat dimakanan.

Secara keseluruhan MIN 9 Hulu Sungai Utara mendapat aprsesiasi dari TIM penilai Lomba Sekolah Sehat tingkat kabupaten HSU, karena tim melihat bahwa madrasah  ini mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kesehatan lingkungan dan peserta didik baik dimadrasah maupun lingkungan luar madrasah, dan hal ini berkat kerja keras dari ibu kepala madrasah Khairiati, M.Pd, para dewan guru dan warga sekolah lainnya. Serta  harapannya MIN 9 HSU dapat lolos untuk mewakili kabupaten HSU ke lomba sekolah sehat tingkat provinsi. (*)

Penulis : Ades
Editor : Abai
Sumber : -

Subscribe to receive free email updates: