Luar Biasa, Kembali Bupati HSU Terima Satyalancana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo







Bupati HSU H Abdul Wahid HK, bersalaman dengan Menteri PMK Puan Maharani usai mendapat Lancana Setyalanca Pembangunan di Manado Sulawesi Utara.

Prestasi gemilang kembali di raih Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM. M.Si dimana pada  gelaran  pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXV yang dipusatkan di Kota Manado, Sulawesi Utara,  Bupati HSU tersebut menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Tanda kehormatan ini langsung disematkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Puan Maharani dalam acara Temu Prestasi KKBPK yang diselenggarakan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Jumat (06/07/2018) malam.
Abdul Wahid dinilai berhasil membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana melalui pembentukan kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Perda Nomor 12 Tahun 2016), Peningkatan alokasi APBD, Dukungan sarana dan prasarana, pencapaian jumlah peserta KB aktif hingga 73,64 %, pencapaian TFR 2,3 %Pemberdayaan UPPKS hingga Kabupaten Hulu Sungai  Utara dapat maju, mandiri, sejahtera, agamis dan produktif (MANTAP).
Penganugerahan Satya Lencana Pembangunan merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pada malam temu prestasi KKBPK tersebut yang diberikan oleh Presiden Jokowi untuk Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai penghargaan atas komitmen dan kinerja kepala daerah di bidang Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).
Selain penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan, pada malam temu prestasi KKBPK juga diberikan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya, Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, Cipta Karya Kencana untuk seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang berprestasi di bidang KKBPK seperti Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirinoor, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina dan Walikota Banjarbaru H.Nadjmi Adhani.
Abdul Wahid usai penyerahan penghargaan di dampingi Ketua TP.PKK HSU sekaligus Plt.kepala dinas BPPKB HSU serta Wakil Bupati HSU dan isteri menyatakan ucapan rasa syukurnya atas  penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan Ibu Menko PMK Puan Maharani. Tentunya, penghargaan ini merupakan bukti kerja keras dan dukungan semua pihak khususnya masyarakat HSU dalam melaksanakan program pembangunan di bidang kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Sekali lagi, terima kasih untuk dukungan masyarakat HSU dan semua pihak khususnya pemerintah Provinsi Kalimantan selatan dan Kanwil KB Provinsi Kalsel” ujar Bupati.
Dalam kesempatan tersebut, ibu Puan mengapresiasi atas kinerja dari Gubernur, Bupati, Walikota serta TP-PKK yang menghantar mereka pada penyamatan gelar satya lencana ini.
"Saya mengucapkan selamat kepada saudara saudara semua atas penganugrahan  di bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang telah bapak ibu hadirin semua yang telah terima," katanya.
Puan juga berterima kasih kepada para pejabat daerah yang pada pemilihan pilkada serentak beberapa waktu lalu menaruh perhatian bagi kegiatan HARGANAS di Sulut.
"Banyak sekali saya lihat Gubernur, Bupati, Walikota yang terpilih kemudian hadir di Manado menunjukan perhatian mereka serta jiwa kekeluargaan terjalin secara harmonis walau baru selesai mengikuti pilkada, Mungkin juga sekalian istirahat dari kepenatan melaksanakan pilkada kemaren” ujarnya sambil diikuti gelak tawa para Gubernur/Bupati/Walikota Yang hadir malam itu.
Lebih lanjut Menko PMK Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan, melalui penganugerahan penghargaan ini, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota tetap berkomitmen dalam berkontribusi menjadikan keluarga sebagai tempat pertama menciptakan sumber daya manusia generasi penerus yang berkarakter.
“Harganas bukan hanya seremonial belaka, tetapi hendaknya dijadikan momentum bagaimana semua kepala daerah dapat meningkatkan prestasinya masing-masing dan membangun komitmen bersama dalam memajukan pembangunan yang diawali dari keluarga. Mari bersama membangun keluarga dengan ikut program KB yang tentu berdampak dalam membentuk keluarga yang sehat, mandiri, dan berketahanan,” pungkas Puan Maharani
Sementara itu Gubernur Olly Dondokambey selaku tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan syukur dan berterima kasih atas kunjungan ke Sulut terlebih khusus memilih Bumi Nyiur Melambai ini sebagai penyelenggara HARGANAS.
Dengan dilaksanakannya peringatan Harganas XXV tahun 2018 di provinsi kami, perekonomian masyarakat mengalami peningkatan Yang signifikan, Rumah makan, Hotel/penginapan serta toko oleh-oleh menjadi laku “ujarnya yg diiringi tepuk tangan hadirin.
Sejalan dengan itu Gubernur mengajak kepada tamu undangan agar dapat melihat-lihat keindahan Sulawesi Utara yang pada masa ini menjadi program ODSK sebagai pusat destinasi pariwisata Sulawesi Utara.
"Mudah - mudahan bapak ibu bisa betah berada di Sulawesi Utara  sehingga bisa memperpanjang masa waktu bapak di sini, kita bisa melihat keindahan alam Nyiur Melambai ini," sahutnya.
Terlihat hadir dalam kegiatan temu prestasi KKBPK tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Yembise, Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Pusat Sigit Priohutomo, Ketua Umum TP PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumulo dan pengurus pejabat Kementerian, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Ketua TP PKK Rita Dondokambey -Tamuntuan beserta pengurus, Gubernur dan Walikota se Indonesia.
Turut Hadir mendampingi Bupati HSU dalam menerima penghargaan tersebut Ibu Ketua TP.PKK HSU Dra.HJ. Anisah Rasyidah Wahid, M.Ap, Wakil Bupati HSU H.Husairi Abdi Lc beserta isteri, Plt.Sekda HSU H.Drh.Suyadi dan isteri, pengurus TP.PKK dan Dharma Wanita Kab.HSU, staf Dinas DPPKB HSU, Kadis Perindagkop HSU dan staf, para Camat dan Kepala Desa Kabupaten HSU yang berprestasi. (Bagian Humas For Kabar Amuntai)

Subscribe to receive free email updates: