Akibat Hoax, Dua Perguruan Pencat Silat Bentrok, Personil Polres HSU Terjun Tenangkan Massa





Keos dua perguruan silat saat baku hantam akibat informasi hoad


AMUNTAI (Infopubliknews) - Akibat provokator yang menyebarkan luaskan berita Hoax yang tak terbendung, dua paguyuban pencat silat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bentrok tak terkendali Rabu (11/7).
Kedua massa itu masing-masing kelompok dari PHST (Pencat Silat Setia Hati Terate) dan Persinas (Perguruan Silat Nasional Ampuh Sehat Aman dan Damai).
Akibat bentrokan, terjadi di Halaman Polres HSU itu, puluhan anggota Sabhara turun tangan mengamankan dua kelompok massa yang bertikai. Bahkan satuan Ciber Reskrim Polres HSU, juga terjun melakukan negosiasi untuk mengamankan massa.
Aksi tanggap itu, akhirnya mendingingkan emosi kedua perguruan pencat silat tersebut. Dan dua penyebar hoax akhirnya ditangkap atas kekacauan yang ditimbulkan dari informasi bohong yang mereka tebar.
Informasi diatas hanya merupakan skenario pengamanan massa dalam Hari Bhayangkara yang di pusatkan di Markas Polres HSU.
Bahkan beberapa warga yang hadir menonton rangkaian acara, sempat tertipu dengan adegan yang hampir mirip kejadian asli tersebut.
"Ya saya kira ada bentrok. Sebab ada suara tembakan dan ramai-ramai. Eh, tenyata hanya skenario atau settingan belaka," kata Awi warga sekitar Polres.
Sementara itu, Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryatno SIK, melalui Kasubag Humas Iptu Alam, menyampaikan bahwa, ini hanya skenario dalam memperlihatkan kesiapan Polri dalam melakukan penanganan massa.
"Kami tampilkan sebagai antraksi di momen Hari Bhayangkara tahun ini. Senang karena kedua pencat silat ini merupakan binaan Polri dan TNI," sampai Alam. Tahun ini momen peringatan Hari Bhayangkara berbeda dengan tahun sebelumnya.
"Pokoknya banyak kegiatan baik itu, baksos, olahraga sampai dengan pemberian riward pada masyarakat dan anggota Polres HSU yang prestasi," lengkapnya.
Adapun tema momentum Bhayangkara tahu ini yakni "Dengan Semangat Promoter Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018/2019" sebab tahun ini merupakan tahun politik dan tahun depan merupakan pesta demokrasi seperti Pileg dan Pilpres.
Sebelumnya, Kegiatan Upacara Hari Bhayankara itu, dipimpin langsung Wakapolres HSU Kompol H Tukiman yang bertindak sebagai inspektur upacara, dan diikuti seluruh elemen Polres, baik fungsi Reskrim, Sabhara, Lantas, Polair dan ASN. Termasuk organisasi masyarakat dan mahasiswa. (bai)

Subscribe to receive free email updates: