Gunung Everest, Magnet Para Pendaki Kelas Dunia





Sumber foto Historys Of Ekspedition Mount Everest

NET (Infopubliknews) - Mount Everest atau Gunung Tertinggi di dunia Everest memiliki predikat sebagai gunung tertinggi di dunia. Topnya berada pada ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl). Akibat puncak dunia yang dimilikinya ribuan pendaki berupaya menaklukan gunung yang pertama dikunjungi Sir Edmond Hillay pada tanggal 29 Mei tahun 1953.

Gunung ini juga bergelar Chomolungma oleh orang-orang himalaya seperti Tibet. Sementara Negara Nepal juga memberi nama Sagarmatha, yang dapat diartikan sebagai Dewi Langit.

Selama proses perjuangan para penakluk gunung dari berbagai negara. Sudah ada
18 jalur pendakian Gunung Everest berada di lempeng Benua Asia. Dimana bagian selatan berbatasan dengan Negara Nepal, di bagian utara berbatasan dengan Negara Tiongkok dan Tibet. Ada sekitar 18 alternatif jalur pendakian di Gunung Everest bahkan jalur selatan dikatakan jalur rumit atau extrim.

Everest masuk dalam Seven Summits Dunia Seven Summits merupakan rangkaian tujuh gunung tertinggi di tujuh lempeng benua. Tujuh gunung tersebut yaitu Gunung Carstensz Pyramid ketinggian 4.884 mdpl di Papua (lempeng Australasia), Gunung Elbrus ketinggian 5.642 mdpl di Rusia (lempeng Eropa). Kemudian Gunung Kilimanjaro ketinggian 5.895 mdpl di Tanzania (lempeng Afrika).

Selanjutnya Gunung Aconcagua ketinggian 6.962 mdpl di Argentina (lempeng Amerika Selatan), Gunung Vinson Massif ketinggian 4.892 mdpl di Antartika (lempeng Antartika). Lalu Gunung Denali ketinggian 6.190 mdpl di Alaska (lempeng Amerika Utara) dan Gunung Everest ketinggian 8.848 mdpl di Nepal (lempeng Asia).

Kisah seputar Mount Everest dan misteri akan dikupas pada edisi berikutnya.  (bai/sumber referensi net)

Subscribe to receive free email updates: